PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TERISI KABUPATEN INDRAMAYU

Intania Lestari, Titik Haryati

Abstract


Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Terisi Kabupaten Indramayu. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa nilai hasil belajar para murid kelas VII pelajaran PPKn masih dikategorikan rendah. Peristiwa itu memiliki sebab akibat pendidik yang hanya sebatas memanfaatkan sarana pelajaran yang umum. Jenis penelitian ini ialah eksperimen kuantitatif yang menggunakan 2 kelas. Penelitian yang memilah populasi sebanyak 187 murid, class eksperimen sebanyak 30 anak dan kelas kontrol sejumlah 30 anak. Data yang dipergunakan diantaranya peninjauan langsung, documentasi, serta pengujiantes. Peneliti memakai uji T (t-test) guna analisis data. perolehannya menjelaskan jika pretest class kontrol diperoleh rata-rata 61,00 dan rata-rata nilai postestnya sebanyak 76,83 dengan meningkatnya rata-rata sebesar 15,83. Pada class experimen nilai pretest belajar siswa didapat rerata 59,3 dan rata-rata nilai posttest hasil belajar siswa sebanyak 77,00 dengan rerata peningkatan sebanyak 17,7. Dengan demikian terlihat bahwa  menggunakan sarana audio visual ada penambahan perolehan belajar siswa dalam pelajaran PPKn.


Full Text:

PDF

References


Ernanida, E., & Al Yusra, R. (2019). “Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI”. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101-112.

Fitria, A. (2014). ”Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini”. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Fitria, Indra, W. (2020) Pengembangan Metode Pembelajaran PBL Berbasis Digital untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan dan Literasi Sains. Yogyakarta: CV Budi Utomo

Hapnita, W. (2018). “Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017”. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1).

Imayora, L. (2019). Upaya Meningkatkan Karakter Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Raudlatul Athfal Arrohmah Kalibatur Kalidawir Tulungagung.

Karlina, H. (2017). “Penggunaan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama”. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 1(1), 28-35.

Kustawan, 2013. Analisis Hasil Belajar Program Perbaikan Dan Pengayaan Peserta Untuk Berkebutuhan Khusus. Jakarta Timur: Lutima Metro Media PT

Nugrawiyati, J. (2018). “Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. El- Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(1), 97-111.

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No. 58 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 SMP/MTS. Lampiran III

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). “Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa sekolah dasar di kecamatan kota Tambolaka”. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(1), 107-122.

Pohan, S. H. S. (2020). Analisis Pemanfaatan Model Pembelajaran Time Token Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar (Doctoral dissertation, UMSU).

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). “Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(1), 9-15.

Purwono, J. (2014). “Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan”. Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran, 2(2).

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). “Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 188-201.

Rosantiana, N. M. (2016). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran Pkn di SMP Muhammadiyah 4 Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Sinar, 2018. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama

Sjukur, S. B. (2012). “Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK”. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3).

Smp Negri2 Barat Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3 (2), 258-266

Sudjana, Nana. 2014 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung.

ALFABETA.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.

Ummyssalam, 2017. Buku Ajar Kurikulum Bahan Dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: CV Budi Utomo

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utami, K. (2013). “Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-10.

Wahyuningsih, 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utomo

Wasti, S. (2013). “Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang”. E-Journal Home Economic and Tourism, 2(1).

Windasari, T. S., & Syofyan, H. (2019). “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 1-12.

Ali, M.dan Asrori, M (2014) Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Sukardi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.