PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 COMAL PEMALANG

Anisa Wijayanti, David Firna Setiawan

Abstract


Penelitian dilakukan agar lebih memahami mengapa beberapa siswa berkinerja buruk pada Penilaian Tengah Semester dan untuk melihat apakah ada cara untuk membantu siswa ini meningkatkan kinerja mereka. Rendahnya  nilai siswa kelas XI IPS pada pelajaran ekonomi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu minat dan motivasi belajar. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1Comal. Metode survei ini adalah survei kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah dokumentasi kuesioner. Penelitian ini mensurvei 142 siswa kelas XI IPS, dan 106 siswa tersebut digunakan sebagai sampel. Data tersebut kemudian diolah dengan SPSS. Penelitian ini menemukan bahwa minat belajar penting dalam  mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, sedangkan motivasi mempengaruhi hasil tersebut. Selain itu, terdapat pengaruh yang positif serta signifikan minat dan motivasi belajar ini.

Kata Kunci : Minat Belajar, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Amni Fauziah, Asih Rosnaningsih, Samsul Azhar. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. JURNAL JPSD Vol. 4 No. 1 Tahun 2017 ISSN 2356-3869 (Print), 2614-0136, 4, 1-7.

Basri, M. A. (2020). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Takalar. e-mail: [email protected], 1-8.

Dinar Tiara Nadip Putri dan Gatot Ismail. (2015, September). Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Volume 1, Nomor 2, September 2015, 1, 118-124.

Dwi Lathif Kurniawan, Djoko Santoso, M. Pd. (2012). Pengaruh Lingkungan Belajar, Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas X SMA N 1 Kota Mungkid, Magelang. [email protected], [email protected], 1-4.

Elisa Hiktafena, I Komang Winatha, Yon Rizal. (2015). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Melalui Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Bandar Lampung: Pendidikan Ekonomi P.IPS FKIP Unila.

Eri Novalinda, Sri Kantun, Joko Widodo. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Semester Ganjil SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial ISSN 1907-9990 | E-ISSN 2548-7175 | Volume 11 Nomor 2 (2017), 11, 115-119.

Erma Yuni, I Komang Winatha, dan Nurdin. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Siswa Ekonomi Kelas XI. Bandar Lampung: Pendidikan Ekonomi PIPS FKIP Unila.

Kabela Putri, Sutrisno Djaja, Bambang Suyadi. (2017). Pengaruh Minat Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017. urnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial ISSN 1907-9990 | E-ISSN 2548-7175 | Volume 11 Nomor 1 (2017), 11, 67-74.

Lisfuriyah Anindya Putri, Siti Maghfirotun Amin. (2016). Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 3 No. 5 Tahun 2016 ISSN : 2301-9085, 3, 249-255.

Muhammad Agil Nugroho, Tatang Muhajang, Sandi Budiana. (2020, Maret). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) Volume 03, Nomor 01, Maret 2020, e-ISSN: 2623-0232 ; p-ISSN: 2623-0941, 03, 42-46.

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 4 No. 2, 2016, 4, 88-96.

Rahayu, M. (2015). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar di SMK Ketintang Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Rihana. (2021). Pengaruh Motivasi Siswa, Fasilitas Belajar, dan Kedisiplinan Siswa terhadap Hasil Belajar (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Pamekasan). Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 15 (1), 92-96.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sutaya. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar MIPA di SMA Negeri 1 Karangdowo. Volume 6, Nomor 2, Jurnal Pendidikan Ilmiah, 57-60.

Sutrisno, D. (2017). Skripsi Pengaruh Motivasi dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (Studi Kasus Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017).

Syah, M. (2019). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2014). Bandung: Citra Umbara Baru.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.