PENGARUH LATIHAN WHOLE PRACTICE DAN PART PRACTICE TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMPN 1 BATANG KAB. BATANG TAHUN 2021
Abstract
Dalam Penelitian ini kami melakukan sebuah eksperimen dengan metode kuantitatif dengan merancang dua kelompok sampel berupa kelompok pre-test dan kelompok post test. Kami menggunakan populasi berupa siswa SMP Negeri 1 Batang yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket. Dari populasi tersebut kami mengambil sampel sebanyak 10 siswa. Kemudian menggunakan instrumen berupa speed spot shoot AAHPERD basketball skill test. Dan dengan menggunakan validasi sebesar 0,913 dan reliabilitas 0,724. Hasil pengolahan data nilai pretest dan post test yang didapatkan menunjukan peningkatan kemampuan pada part practice yaitu sebesar 59,67%. Kemudian hasil dari pengolahan data nilai post test dan pre test pada kelompok whole practice menunjukan hasil yang meningkat sebesar 54,94%. Kedua hasil tersebut menunjukan bahwa kedua jenis pelatihan memiliki pengaruh pada peningkatan kemampuan siswa ekstrakurikuler bola basket SMP Negeri 1 Batang. Dan dari hasil tersebut didapatkan juga yang mana part practice memberikan efek peningkatan yang lebih besar dari whole practice. Sehingga dalam penelitian ini kami menyarankan kepada instruktur pelatih siswa ekstrakurikuler bola basket SMP Negeri 1 Batang agar menerapkan whole practice dan Part Practice dengan tujuan agar kemampuan siswa memiliki kemampuan yang meningkat dari sebelumnya.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Depdiknas. (2004). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Terpadu/Inklusi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Djamarah. (2008). Guru dan Anak Didik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Fatahilah, A. (2018). Hubungan Kelincahan dengan Kemampuan Dribbling pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Basket. Jurnal Gelanggang Olahraga, 1(2), 11–20.
Haryanto, Budi dan Hidayat, Taufik. (2017). Pemberian Metode Part-Practice Dan Metode Whole-Practice Pada Teknik Open Smash Bola Voli Pada Ekstrakurikuler (Studi Pada Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli SMA Negeri 1 Pelaosan). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 05 Nomor 03 Tahun 2017, 738 – 742.
Ismoko, A. P., & Sukoco, P. (2013). Pengaruh Metode Latihan Dan Koordinasi Terhadap Power Tungkai Atlet Bola Voli Junior Putri. Jurnal Keolahragaan, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jk.v1i1.2339.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendikbud. (2013). Lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Lumintuarso, Ria. (2010). Teori Kepelatihan Olahraga. Jakarta: Lankor.
Mahendra, Agus. (2012). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kumpulan Makalah Bahan Penataran. file. upi. edur.
Majid, W., & Roesdiyanto. (2018). Meningkatkan Kemampuan Teknik Dasar Shooting Bolabasket Menggunakan Metode Dril. Indonesia Performance Journal, 2(8), 111–116.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2014 pasal 1 tentang Kegiatan ekstrakurikuler.
Putro, Laksono, B. (2016). Perbandingan Metode Part practice Dengan Metode Whole practice Dalam Pembelajaran Shooting Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas XI Ak 3 Dan Ak 2 YP SMK Trisila Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 586–590.
Prihatin, Eka. (2011). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Rahmadini, D., A., dan Hartoto, S. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Part And Whole Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas (Crawl) (Studi pada siswa kelas VII SMP AL-Falah Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Volume 08 Nomor 01 Tahun 2020, 257 – 261. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive.
Rizhardi, R. (2020). Pengaruh Latihan Ballhandling terhadap Hasil Dribbling Bola Basket pada Siswa Ekstrakurikuler SMA Yadika Lubuklinggau. Wahana Didaktika, 18(1), 7–14.
Rubiana, I. (2017). Pengaruh Pembelajaran Shooting dengan Alat Bantu Rentangan Tali terhadap Hasil Shooting (free throw) dalam Permainan Bola Basket. Jurnal Siliwangi, 3(2), 248–257. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jspendidikan/article/viewFile/337/250.
Rustanto, H. (2017). Meningkatkan Pembelajaran Shooting Bola Basket dengan Menggunakan Media Gambar. Pendidikan Olahraga, 6(2), 75–86.
Safitri, M., & Sudarso. (2016). Perbandingan Latihan Shooting dengan Awalan dan Latihan Shooting Tanpa Awalan terhadap Akurasi Hasil Shooting dalam Permainan Olahraga Bola Basket. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 04(02), 257–262.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukadiyanto. (2010). Pengantar Teori Dan Metodologi Melatih Fisik. Yogyakarta: FIK UNY.
Tuasikal, Abdul R.S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Part, Whole, Dan Imagery Terhadap Dribble Dan Shooting Permainan Bola Basket. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya : PPs Universitas Negeri Surabaya.
Wijaya, H., H. (2019). Analisa Tingkat Keberhasilan Shooting 3 Point pada Pemain Putri Tim Bola Basket Universitas Singaperbangsa Karawang. JSPEED, 2(1), 29–35.
Winbiyanto, G., Cahyo. (2016). Pengaruh Metode Part and Whole Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Servis Bawah Bolavoli Pacitan Learning Result of Volleyball Under Service Basic.
Wiyani, N., A.,. (2013). Manajemen Kelas. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Wulandari, S. A. (2019). Perbandingan Metode Pembelajaran Whole practice Dengan Part practice Terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Gedangan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(2), 201–206.
Zainal Arifin. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.