KEEFEKTIFAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR SMASH BULUTANGKIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA N 2 PEMALANG
Abstract
Septian Dwi Bagaskara “Kefektifan Antara Model Pembelajaran Project Based Leraning Dan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Dasar Smash Bulutangkis Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma N 2 Pemalang” FPIPSKR UPGRIS 2022. Latar belakang masalah didasari dari nilai hasil belajar siswa SMA N 2 Pemalang materi bulutangkis yang rendah dan kurangnya minat siswa mengikuti kegiatan pembelajarn materi bulutangkis. Tujuannya guna dijadikan perbandingan kefektifan antara dua model pembelajaran yaitu discovery dan project based learning dan untuk mengetahui efeknya terhadap nilai di SMA N 2 Pemalang. Penelitian ini menggunakan eksperimen dengan metode kuantitatif mempergunakan model pretest dan post test. Populasinya yang dipilih dari kelas XI IPS SMA N 2 Pemalang. Dengan menggunakan random sampling, peneliti memilih siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 4 sejumlah 68 siswa sebagai sampel disini. Instrumen dengan kelas XI IPS 2 menggunakan model pembelajaran project based dan siswa kelas XI IPS 4 menggunakan model pembelajarn discovery learning. Kemudian ditariklah kesimpulan jika Project based lebih efektif daripada discovery dilihat dari perolehan nilai Teknik smashnya kelas XI SMA N 2 Pemalang. Berdasarkan penelitian hasil belajar teknik smash bulutangkis dengan project based learning sebesar 57,00 dan rata-rata hasil belajar teknik smash bulutangkis dengan discovery learning sebesar 46,56
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, F. (2020). Model Latihan Smash Bulutangkis Untuk Pemula Usia 8-10 Tahun. Jurnal Olympia, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v2i1.883
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani , Olahraga , dan Kesehatan di Indonesia. Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438.
Pardiman, P., & Hendriawan, A. (2020). Latihan Drill dalam Ketepatan Smash pada Permainan Bulutangkis. Jurnal Sportif, 5(1), 1–50.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Refbacks
- There are currently no refbacks.