UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ADMINISTRASI UMUM PADA PESERTA DIDIK SMK

Nur Hayati, Endang Wuryandini, Mahmud Yunus

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan peserta didik yang berpengaruh pada prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan kepala sekolah, upaya guru serta upaya peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar. Metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles and Huberman: collection data, condensation data, display data, dan conclution drawing/verification. Hasil penelitian antara lain: Sekolah bekerjasama dengan DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri) sesuai dengan kompetensi keahlian; Kebijakan Kepala Sekolah meningkatkan akreditasi; Kepala Sekolah memberikan pembinaan dan pelatihan terhadap guru sesuai dengan bidang kompetensi yang diampu; Kepala Sekolah melakukan evaluasi dan supervisi akademik; Guru mengikuti kegiatan diklat dan kegiatan IHT; Guru melakukan survey terhadap peserta didik; Guru memberikan pelatihan, pembinaan serta motivasi terhadap peserta didik; Guru menggunakan media digital seperti canva untuk melatih ketramprilan peserta didik; Peserta didik mengikuti kegiatan pelatihan dan pembinaan dalam kegiatan berwirausaha; Peserta didik mendengarkan serta memahami materi yang dijelaskan oleh guru; Peserta didik mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu; Peserta didik selalu update jadwal webinar dan pengumpulan tugas yang telah ditetapkan oleh guru.

Kata kunci: Prestasi belajar, Peserta didik


Full Text:

PDF

References


Afan, IF. 2018. Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Rally Robin dan Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis (Studi Pada kelas X Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran. Jombang: Universitas Negeri Malang.

Akbarini, NR. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum di SMK Negeri 6 Surakarta. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.

Dikmas Lampung. 2020. Kompetensi Guru Abad 21 Sebagai Tuntutan Generasi Z. diakses melalui https://bppauddikmaslampung.kemdikbud.go. id pada tanggal 29 Desember 2021.

Edriati, Hamdunah dkk. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMK melalui Model Quantum Theaching Melibatkan Multiple Intelligence. Padang: Cakrawala Pendidikan.

Haryanto. 2020. Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasanah, Uswatun. 2018. Pengaruh Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Administrasi Umum. Malang: Universitas Malang.

Himpunan Mahasiswa Elektro. 2017. Pendidikan Kejuruan Dengan Kurikulum 13. Diakses melalui http://hmeft.student.uny.ac.id pada tanggal 28 November 2021.

Juwita, dkk. 2021. Pengaruh Disiplin Siswa dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di Kelas XII SMKS Nusantara Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang. Bandar Lampung: Universitas Bandar Lampung.

Larasati, MA. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mitra, Kuliah. 2021. Keterampilan Global Guru Abad 21. Diakses melalui https://www.mitrakuliah.com pada tanggal 29 Desember 2021.

Mulyana, Aina. 2020. Keterampilan Belajar (Kompetensi Siswa)Abad 21. Diakses melalui https://ainamulyana.blogspot.com/2017/06/ke terampilan belajar-kompetensi-siswa.html pada tanggal 29 Desember 2022

Pangestu, AL. 2019. Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP SMK Kiansantang Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Purba, YA. 2018. Pengaruh Kreativitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum di Kelas X AP SMK Prayatna 1 Medan. Medan: Universitas Negeri Medan.

Putri, & Puspari. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum di SMK Ketintang Surabaya. Surabaya: Universitas Surabaya.

Syaiffudin. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X PEM-1 Materi Organisasi Lingkup Perusahaan Pelajaran Administrasi Umum Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada SMK Negeri 1 Sigli Kabupaten Pidi. Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Sitorus, NA. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X PM Pada Mata Pelajaran Pengelolaan Usaha pemasaran di SMK N Pematang Sinantar. Medan: Universitas Negeri Medan.

Rosyid, Mustajab dkk. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara. Soegeng, A.Y. 2017. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

UniversitasPsikolog. 2020. Teori dan Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Diakses melalui https://www.universitaspsikologi.com pada tanggal 28 November 2021.

Z, Rimayanti. 2021. Mengenal Kurikulum Paradigma Baru. Diakses melalui https://lpmpbengkulu.kemdikbud.go.id pada tanggal 29 Desember 2022


Refbacks

  • There are currently no refbacks.