Pengaruh Motivasi, Disiplin, Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban Kabupaten Blora
Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian yaitu guna menganalisis pengaruh dari motivasi, disiplin dan lingkungan belajar terhadap prestasi dalam pembelajaran administrasi pajak siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban Blora. Sementara model yang dipergunakan dalam penelitian tak lain ialah survey beserta pendekatan kuantitatlf. Untuk populasinya, dipilih lah siswa kelas XI AKA SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban Blora sejumlah 55 peserta didik. Dalam pengumpulan datanya dipergunakan lah angket kuesioner sementara untuk tekniknya dugunakan lah analisis linier berganda. Dari perhitungan menghasilkan; (1) adanya pengaruh positif dan signifikan diantara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran administrasi pajak kelas XI AKA SMK Muhammadiyah 1 Keudngtuban Blora, (2) Adanya efek baik dan cukup signifikan diantara pembelajaran yang disiplin dan hasil belajarnya pada pembelajaran administrasi pajak kelas XI AKA SMK Muhammadiyah 1 Keudngtuban Blora, (3) Adanya efek baik dan cukup signifikan diantara lingkungan belajar pada prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran administrasi pajak kelas XI AKA SMK Muhammadiyah 1 Keudngtuban Blora, (4) Adanya efek baik dan cukup signifikan diantara motivasi, disiplin, dan lingkungan belajarnya dengan hasil pembelajaran, maka ketiga unsurnya tersebut sangat besar pengaruhnya kepada hasil dari pembelajaran siswa SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban Blora.
Full Text:
PDFReferences
Alie, N. H. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X2 Sma Neg. 3 Gorontalo Pada Materi Jarak Pada Bangun Ruang. Jurnal Entropi, 7(1), 583-592.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Smpit Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218.
Hakim, A. R., Sulistiawati, & Arifin, S. (2018). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Toerema: Teori dan Riset Matematika, 3(2), 165-176.
Khairunnisa, F. (2015). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi.
Mariyana, R. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Media Group. Jakarta: Kencana Media Group.
Maulinda, F., Waskitoningtyas, R. S., & Khotimah, H. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).
Mulyasih, P. S., & Nanik, S. (2017). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Administrasi. Economic Education Analys Journal, 602.
Risdianto, E., Fitria, J., Johan, H., & Macariola, J. S. (2020). Teacher's Perception Of Thermodynamic Law Module Developed In Training Through Student’s Critical Thinking Skills. Journal Of Social Work And Science Education, 1(1), 78-76.
Saputra, F. K. (2007). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Sma Negeri 12 Semarang Tahun Ajaran 2005/2006. Doctoral Dissertation, 1-2.
Slavin, R. E. (2009). Psikologi Pendidikan Teori Dan Praktik, Edisi Kedelapan Jilid Kedua. (Terjemahan Marianto Samosir). Jakarta: Pt. Index.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv.
Yuliantika, D., Rahmawati, S. W., & Palupi, S. R. (2017). Self Efficacy Dan Motivasi Berprestasi Siswa Sma Negeri 7 Purworejo. Jurnal Psiko Utama, 5(2), 51-59.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 232-243.
Refbacks
- There are currently no refbacks.