Penggunaan Quizizz Untuk Meningkatkan Partisispasi Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Mayong Kabupaten Jepara

Zulfa Alfina, Dwi Prastyo Hadi

Abstract


Zulfa Alfina “Penggunaan Quizizz Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Mayong”, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran dan efektifitas penggunaan quizizz untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran ekonomi. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu , pertama bagaimana perencanaan pembelajaran menggunakan quizizz untuk meningkatkan partisispasi siswa pada pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Mayong?. Kedua bagaimana pelaksanaan pembelajran menggunakan quizizz untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Mayong?. Ketiga Bagaimana dampak penggunaan quizizz terhadap partisispasi siswa SMA Negeri 1 Mayong?. Tujuan penelitian ini, pertama untuk mengetahui penggunaan quizizz untuk meningkatkan partisispasi siswa. Kedua untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan quizizz untuk meningkatkan partisispasi siswa. Ketiga untuk mengetahui dampak quizizz terhadap partisispasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan survey. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa : Berdasarkan hasil analisa data dan pembahasan pada bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan quizizz mampu meningkatkan partisispasi siswa menurut peneliti berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan penggunaan quizizz berdampak pada meningkatnya motivasi siswa mengikuti pelajaran, meningkatnya jumlah siswa yang aktif dalam pembelajaran, dan memepermudah siswa dalam mengerjakan tugas setelah selesai pembelajaran.

Kata Kunci : Quizizz, Partisisasi, Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, S. (2020). Penerapan Alat Evaluasi Online Quizizz Berpendekatan Stem Untuk Mengukur Keterampilan Menganalisis Dan Literasi Digital Peserta Didik Smp pada Mata Kuliah IPA UNNES. Universitas Negeri Semarang.

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan AdministrasiPerkantoran(JPAP),8(2),261–272. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8242/4081

Hidayati, I. D. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Aplika[1] I. D. Hidayati, “Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa,” vol. 4, no. 2, pp. 251–257, 2021.si Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. 4(2), 251–257.

Miladanta, A. N., Ahmad, A., & Muharam, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Berbasis Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTs Darul Fikri Materi Gerak. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 27(November).

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal PendidikanMatematika,3(1),64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.

Nuramanah, S. A., Iwan, C. D., & Selamet, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bestari|JurnalStudiPendidikanIslam,17(1),117.https://doi.org/10.36667/bestari.v17i1.474

Pranoto, S. E. (2020). Penggunaan Game Based Learning Quizizz Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Materi Globalisasi Kelas Xii Ips Sma Darul Hikmah Kutoarjo. Habitus: Jurnal Pendidikan,Sosiologi,&Antropologi,4(1),25.https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45758

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Samsudin, C. M. (2020). No Title. Konstruksi Pemberitaan Stigma Anti-China PadaKasusCovid-19DiKompas.Com,68(1),1–12. http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024

Sukidin. (2002). Upaya guru pai dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa di smp n 05 lebong. 6, 1086–1095.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.