Pengaruh Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar, Self Efficacy Terhadap Minat Studi Lanjut Melalui Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Di SMK Bina Islam Mandiri Kersana

Ines Rosdiyana, Valdyan Drifanda

Abstract


Penelitian ini didasari oleh sedikitnya minat siswa SMK Bina Islam Mandiri Kersana meneruskan studi lanjut yang dipengaruhi oleh lingkungan sekolah yang kurang mendukung, prestasi belajar yang mengalami penurunan selama pandemi Covid-19 dan pengaruh dari self efficacy di dalam diri siswa kelas XII dan ditambah dengan masalah kondisi ekonomi orang tua yang menjadi pengaruh atas keputusan siswa dalam menentukan melanjutkan pendidikan atau bekerja. Tujuan penelitian ini guna mencari pengaruh lingkungan sekolah, prestasi belajar, self-efficacy terhadap minat studi lanjut melalui kondisi sosial ekonomi orang tua secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini berjenis metode penelitian kuantitatif. Populasi berjumlah 134 siswa kelas XII dengan sampel yang didapat 100 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan Variabel Moderating menggunakan MRA. Hasil penelitian ini bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan dari varabel independen terhadap dependen. Kondisi sosial-ekonomi orang tua tidak bisa memoderating lingkungan sekolah dan prestasi belajar terhadap minat studi lanjut, sedangkan self efficacy dapat dimoderating dengan kondisi sosial-ekonomi orang tua.

Full Text:

PDF

References


Addnin, I. J., & Effendi, Z. M. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. Jurnal Ecogen, 4(1), 35. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i1.11038

Agustina, R., & Afriana, R. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi S1 Akuntansi Pada Siswa Smk Swasta di Banjarmasin. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 12–27. https://stienas-ypb.ac.id/jurnal/index.php/jdeb/article/view/95

Angelina, Syahda Litahna'a. (2021). Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Otomatisasi tata Kelola Kepegawaian Siswa Kelas XI SMK Al-Ikhlas Losari Brebes.

Dessy Anggara Listy Putri, K. (2017). Determinan Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Wirosari Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2017/2018. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 656–668.

Diri, P. P., Belajar, P., Status, D. A. N., Ekonomi, S., Terhadap, T. U. A., Melanjutkan, M., Ke, P., Ekonomi, F., Studi, P., Ekonomi, P., Ekonomi, J. P., Ekonomi, F., & Surabaya, U. N. (2018). PERGURUAN TINGGI Siti Fatimah. 6(2), 28–36.

Gunawan, Ce. (2020). Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian New Edition.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64.

Haq, M. A. (2016). Pengaruh prestasi belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua dan self efficacy terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa ips. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 1034–1045.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.