PELAKSANAAN PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA UNTUK PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI MASA PANDEMI COVID-19 YANG DILAKSANAKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TUNTANG

Yolanta Andrian, Agus Sutono

Abstract


Yolanta Andrian 18210009. Pelaksanaan Penanaman Nilai-Nilai Pancasila untuk Peserta Didik melalui Kegiatan Pramuka di Masa Pandemi Covid-19 yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas  Negeri 1 Tuntang. Penelitian ini dilatarbelakangi sejak pandemi Covid-19, pelaksanaan penanaman nilai-nilai Pancasila pada ekstrakurikuler pramuka SMA Negeri 1 Tuntang mengalami penurunan. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Setting penelitian berada di SMA Negeri 1 Tuntang. Fokus penelitian ialah Pelaksanaan Penanaman Nilai-Nilai Pancasila untuk Peserta Didik Melalui Kegiatan Pramuka Di Masa Pandemi Covid-19 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tuntang. Metode penelitian dilakukan deng an penelitian kualitatif, penelitian dilapangan dengan menggunakan observasi atau wawancara dengan 12 subjek yang akan diteliti yaitu 1 Guru PPKn, 1 Pembina PPKn, 10 Peserta Didik. Setelah melakukan wawancara dengan  responden  peneliti mengolah data tersebut kemudian menyimpulkan hasil analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman nilai-nilai Pancasila pada ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri 1 Tuntang saat daring kurang karena dalam daring materi dibagikan  di google classroom selalu materi tentang kepramukaan saja, tentang dasa dharma atau tentang satuan karya untuk materi yang diberikan belum maksimal sehingga dalam pelaksanaan penanaman nilai-nilai Pancasila mengalami penurunan.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Faizin, Anas (2013) Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Kepramukaan (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Jambura Journal of Community Empowerment Vol. 2 No. 1, Juni 2021 (Halaman 23 38) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan

Nasional

Undang-undang Republik Indonesia Nomer 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka Lasura, Annisa (2021) “Kendala Dalam Pelaksanaan Kegiatan Pramuka Di Masa Pandemi

Covid-19” Jambura Journal of Community Empowerment (JJCE) Volume (2)

Nomor (1), (Juni) (2021), Halaman (23-38)

Sianturi, RMR (2021) “Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kepramukaan” Jurnal Pancasila dan Bela Negara Vol 1 No 1

A. Merdekasari dan R Pratama (2021) “Pola Asuh Pembina Pramuka, Pengaruhnya Pada Disiplin Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 “ Jurnal Education And Development” Vol 9 No 3

Rachmawati, UP. (2016) “Peran Pendidikan Kepramukaan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila” (Studi Deskriptif Terhadap Anggota Pramuka Di Pangkalan Smk Karya Teknologi 1 Jatilawang). Bachelor Thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Kaelan dan Zubaidi, 2007: 31 Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi.

Yogyakarta: Paradigma.

Suko Wiyono 2013, 95-96 Wiyono, Suko. 2013. Reaktualisasi Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Malang: Universitas Wisnuwardhana Malang Press.

Hadi (2007:32) Amirul, Hadi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Lincoln dan Guba (dalam Moleong, 2014:11) J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Lofland Ajat Rukajat (2018:117) Rukajat, Ajat. Pendekatan Penelitian Kualitatif.

Yogyakarta: Deepublish, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.