IMPLEMENTASI PENDIDIKAN POLITIK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 1 WANASARI KABUPATEN BREBES
Abstract
Kherti Apria Sagita “Implementasi Pendidikan Politik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Wanasari”. Latar belakang penelitian ini yakni mengingat pentingnya pendidikan politik di lingkungan sekolah, terutama dalam pembelajaran PPKn yang memiliki peran penting dalam pelaksanaan pendidikan politik. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana mengimplementasian pendiikan politik dalam pembelajaran PPKn.. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini yaitu perencanaan pendidikan politik, pelaksanaan pendidikan politik, evaluasi pendidikan politik. Sumber data informan yakni waka kurikulum, guru PPKn, dan siswa. Hasil penelitian terkait perencanaan pendidikan politik mencakup 1) Perencanaan pendidikan politik melalui 3 proses yaitu, menentukan tujuan dari pendidikan politik di SMA Negeri 1 Wanasari, penyusunan program sekolah, mengembangkan kurikulum PPKn. 2) Pelaksanaan pendidikan politik direalisasikan menjadi 4 proses yakni, mengimplementasikan nilai-nilai karakter pembelajaran PPKn, mengintegrasikan keteladanan pada kegiatan pembiasaan, mengintegrasikan kedalam program kerja sekolah, kerjasama dengan masyarakat. 3) Bentuk evaluasinya melalui observasi pada saat proses pembelajaran yang dilakukan dengan evaluasi tertulis, (catatan penskoran, skala sikap) dan evaluasi tidak tetulis berupa peringatan langsung.
Full Text:
PDFReferences
Abdul, A. W & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alpadeta.
Asep Sulaiman. (2015). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Bandung: CV Arvino Raya.
Damri & Fauzi, E. P. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan. Surabaya: Prenada Media.
Ghaffar, A. (2000). Politik Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Kaelan. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.
Nurmalisa, Y., Mentari, A., Rohman. (2020). “Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Civic Concience”. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika. 7 (1) 34-36.
Putra, Z. (2018). “Implementasi Pendidikan Pancasila sebagai Character Building Mahasiswa di Universitas Sembilanbelas November Kolaka”. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan”. 1 (1) 9-13.
Rahman, A & Suharno. (2019). “Pelaksanaan Pendidikan Politik melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 4 (2) 282-290.
Wadu, L.B., Darma, I.P., Lamady, I. (2019). “Pengintegrasian Nilai Moral Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP”. Jurnal Inspirasi Pendidikan. 9 (1) 66-70.
Refbacks
- There are currently no refbacks.