Pengaruh Iklan, Konformitas dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal

Dina Amalia Husna, Aryan Eka Prastya Nugraha

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh antara variabel iklan, konformitas dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif. Kuantitatif adalah jenis penelitian yang dugunakan. Masyarakat Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal sebagai populasi dalam penelitian ini yang kemudian di hitung menggunakan rumus slovin mendapat 100 responden sebagai sampel. Serta menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan sampel, dengan kriteria masyarakat yang berdomisili di Kecamatan Kaliwungu, berusia 20-24 tahun dan sudah berpenghasilan. Menggunakan uji validitas dengan signifikansi 0,5 dan reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha > 0,70 sebagai teknik analisis. Uji hipotesis memakai analisis regresi linear berganda, uji t, f dan R2. Kuesioner menjadi instrumen pengumpulan data yang digunakan. Penelitian ini menghasilkan 1) Adanya hubungan antara variabel iklan yang memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif masyarakat di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal secara positif dan parsial. 2) Adanya hubungan antara variabel konformitas yang memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif masyarakat di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal secara positif dan parsial. 3) Adanya hubungan antara variabel gaya hidup yang memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif masyarakat di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal secara positif dan parsial. 4) Secara bersama variabel iklan, konformitas dan gaya hidup memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif masyarakat Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal secara positif dan parsial.


Full Text:

PDF

References


Adinata, T. P., & Noviandari, H. (2020). Lifestyle Relationship and Conformity With Consumptive Behavior in Adolescents in Banyuwangi City Province of East Java. Sosioedukasi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 9(1), 1–9.

APJII. (2020). Laporan survei internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. https://apjii.or.id/survei

Aprilia, D. H. (2014). Analisis Sosiologis Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa FISIP Universitas Lampung). Sosiologi, 15, 72–86.

Arikunto, P. D. S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian Dan Penilaian Program (1st ed.). Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Bramasta, D. B. (2021). Daftar UMK 35 Kabupaten/Kota di Jateng 2022: Semarang Tertinggi, Banjarnegara Terendah. KOMPAS.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/01/103000565/daftar-umk-35-kabupaten-kota-di-jateng-2022--semarang-tertinggi?page=all

Bungin, S.Sos., M.Si., P. D. H. M. B. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (1st ed.). Jakarta : Kencana.

Devy Pramudiana, I. (2017). Perubahan Perilaku Konsumtif Masyarakat Dari Pasar Tradisional Ke Pasar Modern. Asketik, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.30762/ask.v1i1.409

Dezianti, D. A. N., & Hidayati, F. (2021). Pengaruh Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial. Journal of Psychological Science and Profession, 5(2), 151. https://doi.org/10.24198/jpsp.v5i2.28913

Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12, (1), 55–68. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpu.12.1.1-14

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisa Multivariat dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.

Hanum, Z., & Hidayat, S. (2017). Faktor – faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike di Kota Medan. Jurnal Bisnis Administrasi, 06(01), 37–43.

Haryono, P. (2014). Hubungan Gaya Hidup dan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(4), 268–273. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i4.3674

Koordinator Statistik Kecamatan Kaliwungu. (2019). Kaliwungu Dalam Angka 2019. BPS Kabupaten Kendal.

Kristiani, N. (2017). Analisis Pengaruh Iklam Dimedia Sosial Dan Jenis Media Sosial Terhadap Pembentukan Perilaku Kosnumtif Mahasiswa Di Yogyakarta. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 24(2), 196–201.

Kusumaningtyas, I., & Sakti, N. C. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Taman Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3), 1–8.

Lailatul Rachmawati, A. (2019). Analisis Pengaruh E-commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Prodi Manajemen Universitas Tidar). Jurnal Online Mahasiswa Manajemen, 1(1). https://id.wikipedia.org/wiki/Penelitian_kualitatif

Liata, N. (2020). Mall dan Perilaku Konsumtif Masyarakat Urban. Jsai 1. 1(2), 161–181.

Lolowang, I. R. A. (2019). Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Tipe Premium (Studi Pada Konsumen Kawanua Emerald City Akrland Manado. Riset Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 91–110.

Lukitaningsih, A. (2013). Perkembangan Konsep Pemasaran: Implementasi dan Implikasinya. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 3(1), 21. https://doi.org/10.30588/jmp.v3i1.85

M.Ravii Marwan, F. E. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Shopee Di Televisi Dan Citra Merek Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Kota Tengerang Selatan. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 7(2), 52. https://doi.org/10.32493/jk.v7i2.y2019.p52-58

Mulyani, R., & Thomas, P. (2018). The Influence of Student Consumption, Social Status of Family,The Economic Parent Status, and The Economic Education of Family to Consumption Behavior. 24 Jee, 7(1), 24–30. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec

Nurjanah, S., Ilma, R. Z., & Suparno, S. (2018). Effect of Economic Literacy and Conformity on Student Consumptive Behaviour. Dinamika Pendidikan, 13(2), 198–207. https://doi.org/10.15294/dp.v13i2.18330

Oktafikasari, E., & Mahmud, A. (2017). Konformitas hedonis dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif melalui gaya hidup konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 684–697.

Peta Kecamatan Kaliwungu. (n.d.). https://goo.gl/maps/iASsodAEvwsYLc9v6

Rahayuningsih, Y. (2017). Dampak Sosial Keberadaan Industri Terhadap Masyarakat Sekitar Kawasan Industri Cilegon. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 1(1), 13–26. https://doi.org/10.37950/jkpd.v1i1.2

Rahmatika, A. F., & Kusmaryani, R. E. (2020). Relationship between Conformity and Consumptive Behavior in Female Adolescents. Humaniora, 11(3), 177–182. https://doi.org/10.21512/humaniora.v11i3.6567

Rozaini, N. R. (2021). Pengaruh Online Shop Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitasnegeri Medan. Niagawan, 10(1), 102. https://doi.org/10.24114/niaga.v10i1.23664

Rozi, F. (2022). Pendapatan Daerah Kabupaten Kendal Tahun 2021 Lampaui Target. https://rri.co.id/semarang/polhukam/politik-pemerintahan/1398728/pendapatan-daerah-kabupaten-kendal-tahun-2021-lampaui-target

Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 28–36. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.99

Solihin, O. (2015). Terpaan Iklan Mendorong Gaya idup Konsumtif Masyarakat Urban. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, Volume V N(2), 41–50. https://repository.unikom.ac.id/30951/1/jurnal-4.pdf

Subagyo, & Jojok. (2021). Pengaruh Iklan, Konformitas Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce Shopee Di Kota Mojokerto. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 26–39. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v14i1.342

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2017). Statistika Untuk Penelitian (28th ed.). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (27th ed.). Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2018b). Metode Penelitian Kuantitatif (M. P. Setiyawami, S.H. (Ed.); 1st ed.). Bandung : Alfabeta.

Suhandiah, S. A. (2016). Pengaruh Motivasi Pada Akseptabilitas Brilian Menggunakan Utaut Model. Komunikasi, Media Dan Informatika, 5(3), 132–142.

Taber, K. S. (2018). The Use of Cronbach’s Alpha When Developing and Reporting Research Instruments in Science Education. Research in Science Education, 48(6), 1273–1296. https://doi.org/10.1007/s11165-016-9602-2

Utami, I. W. (2017). Perilaku Konsumen : Analisis Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian (Issue June). Surakarta : Pustaka Bengawan.

www.pwc.com. (2020). Pesatnya perubahan perilaku konsumen di tahun 2020 mendorong perubahan tren digital, kesehatan, dan keberlanjutan, menurut PwC global. https://www.pwc.com/id/en/media-centre/press-release/2020/indonesian/pesatnya-perubahan-perilaku-konsumen-di-tahun-2020-mendorong-perubahan-tren-digital-kesehatan-dan-keberlanjutan.html

Yuliantari, M. I., & Herdiyanto, Y. K. (2015). Hubungan Konformitas Dan Harga Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri Di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 2(1), 89–99. https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i01.p09


Refbacks

  • There are currently no refbacks.