PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID SWIMMING CLASS UNTUK KELAS 7 MATA PELAJARAN PENJAS DI SMP NEGERI 5 JEPARA

Ramdani Isnan Milenianto, Maftukin Hudah, Utvi Hinda Zhannisa

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum dipergunakannya media pendidikan berbasis Android oleh guru buat para peserta didik kelas 7 paling utama pada modul renang. Penelitian ini diperuntukan buat menciptakan suatu media pendidikan penjas modul renang buat peserta didik kelas 7. Riset ini memakai tata cara penelitian R&D( research and development). Riset dicoba dengan tahapan kemampuan serta permasalahan, pengumpulan informasi, membuat desain dini, validasi pakar media serta pakar modul, perbaikan. Setelahnya produk di ujicobakan kepada peserta didik kelas 7 lewat uji coba kelompok kecil serta kelonpok besar. Subjek uji coba produk merupakan peserta didik kelas 7 SMP N 5 Jepara. Ilustrasi riset ini memakai 2 validasi ialah validasi pakar modul serta pakar media dan memakai 2 variabel ialah skala kecil serta skala besar. Buat kelompok kecil ialah Partisipan didik Kelas 7 SMP Negara 5 Jepara dengan jumplah 15 orang. Serta buat kelompok besar ialah Partisipan didik Kelas 7 SMP Negara 5 Jepara yang dengan jumplah 119 orang. Metode sampling menggunakan sampel purposive disebabkan keterbatasan waktu pada dikala riset. Hasil riset serta pengembangan ini merupakan hasil dari evaluasi pakar modul buat aspek mutu modul sumber belajar memperoleh 92. 5% digolongkan“ Sangat Layak”. Hasil evaluasi dari pakar media buat aspek kelayakan desain memperoleh 82. 5% digolongkan“ Sangat Layak”. Pada uji coba kelompok kecil hasil evaluasi aspek tampilan memperoleh 77. 3% digolongkan“ sangat baik”. Pada riset Uji coba kelompok besar membuktikan kalau buat evaluasi aspek modul serta aspek desain aplikasi sebesar 84. 6% yang digolongkan“ Sangat Layak”.


Full Text:

PDF

References


Amirullah. (2015). Populasi Dan Sampel (pemahaman, jenis dan teknik). Bayumedia Publishing Malang, 16(4), 293–303.

Anita Adesti, & Siti Nurkholimah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment, 8(1), 27–38. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221

Armen, M., & Rahmadani, A. F. (2018). Kualitas Materi dan Aspek Isi Media Pembelajaran Renang Gaya Bebas Berbasis Macromedia Flash 8 Peserta didik Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Olahraga, 7(1), 54–67.

Mustofa Abi Hamid, Rahmi Ramadhani, Masrul Masrul, Juliana Juliana, Meilani Safitri, Muhammad Munsarif, Jamaludin Jamaludin, J. S. (2020). Media Pembelajaran. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran+adalah&ots=Nr7x2vLZPX&sig=pCOdZtlzQCVTF6b_wFtaSaV4V70&redir_esc=y#v=onepage&q=media pembelajaran adalah&f=false

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam N Sumatera Utara, 1–95.

Zakariah, M. A., Alfriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). 118. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=k8j4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA82&dq=penelitian+R%26D+research+and+development&ots=13Ur1k23oK&sig=ieZNbtnQvKvFL_L9SrcG1FbgNxY&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian R%26D research and development&f=false


Refbacks

  • There are currently no refbacks.