Pengaruh Permainan Bonani Terhadap Peningkatan Kemampuan Lari Jarak Pendek Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Suradadi
Abstract
Muhamad Agil Fatkhurohman Pengaruh Permainan Bonani Terhadap Peningkatan Kemampuan Lari Jarak Pendek Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Suradadi” Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang 2022.
Banyaknya pelajar yang tidak memenuhi syarat ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 menjadi bukti bahwa pelajar tidak berprestasi dalam lari jarak pendek. Tujuan riset adalah guna mengetahui apakah permainan Bonani dapat meningkatkan kemampuan lari jarak pendek siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suradadi.
Rancangan riset true eksperimen adalah posttest-only control design. Orang-orang dalam ruset ini adalah pelajar kelas VII SMP Negeri 1 Suradadi, dan metode pengujiannya adalah simple arbitrary testing. Instrumen yang digunakan dalam riset ini adalah jarak pendek running test.t-test berbasis metode investigasi terukur informasi. Hasil anggota eksperimen meningkat dari rata-rata skor pretes 75,26 menjadi skor rata-rata postes 82,29, sedangkan hasil rata-rata anggota kontrol, yang berubah dari 66,18 pada pretest menjadi 69,81 pada posttest, meningkat lebih dari anggota eksperimen. Sebuah Paired Sample T-test dari data pretest dan posttest mengungkapkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) anggota eksperimen adalah 0,000 0,05, sedangkan anggota kontrol Sig.( 2-tailed) nilai 0,000 0,05. Hasil anggota eksperimen secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan anggota kontrol. Permainan bonani juga membantu pelajar kelas VII SMP Negeri 1 Suradadi meningkatkan kemampuan lari cepat. jarak pendek. saran yang dapat digunakan pelajar untuk meningkatkan kemampuan lari cepatnya.
Kata Kunci: Pembelajaran PJOK, Bonani Games, dan Lari Jarak PendekFull Text:
PDFReferences
Aryati, V. A. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Siswa Smp Negeri 7 Kota Sukabumi. Indonesia Sport Journal, 2(2), 39-48.
Creswell, J. W. (2002). Desain penelitian. Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif, Jakarta: KIK, 121-180.
Danuri, P. P., Maisaroh, S., & Prosa, P. G. S. D. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan.
Darna, N., & Herlina, E. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(1), 287-292.
Dwi, D. D. D. (2020). Peningkatan Pembelajaran Lari Jarak Pendek Melalui Pendekatan Bermain Lari Bola Keranjang Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 1(2), 8-17.
Fransiska, A., Suhdy, M., & Syafutra, W. (2021). Penerapan Latihan Shuttle Run pada Atlet Lari Jarak Pendek di Club Linggau Runners. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(1), 40-50.
Himalaya, F., Dimyati, A., & Achmad, I. Z. (2021). Tingkat Pemahaman Siswa Pada Atletik Nomor Lari Kelas XI SMK Insan Sempurna Pendidikan Karawang. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 18-26.
Indra, G., & Lumintuarso, R. (2014). Peningkatan hasil pembelajaran lari sprint 60 meter melalui metode permainan SDN 009 Teluk Pelalawan. Jurnal Keolahragaan, 2(2), 155-169.
Irianto, T. (2020). Olahraga Pendidikan.
MAHMUD, S. (2020). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Lari Jarak Pendek Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga. Skripsi, 1(831416077).
Nugroho, U. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif pendidikan jasmani. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan spss. Deepublish.
Pramono, Y., Yusuf, M., & Nugroho, U. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Lari Jarak Pendek 100 Meter Melalui Metode Bermain Hijau-Hitam Pada Siswa Kelas VIII Smp Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran), 8(1), 27-38.
Putri, M., & Yuliawan, E. (2021). Hubungan Power Tungkai Dengan Kecepatan Lari Sprint 50 Meter pada Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi: Power Limb Relationship With Sprint Speed of 50 Meters in Men's Students Class VIII State Junior High School 1 Muaro Jambi. Jurnal Score, 1(1), 1-13.
Retnawati, H. (2017, September). Teknik Pengambilan Sampel. In Disampaikan Pada Workshop Update Penelitian Kuantitatif, Teknik Sampling, Analisis Data, Dan Isu Plagiarisme (pp. 1-7).
Riyanto, S. (2017). Upaya Meningkatkan Gerak Lokomotor Lari 40 Meter Melalui Metode Picture and Picture kelas IIA SDS Kristen Kanaan Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(3).
Yuniani, I. (2012). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lari Cepat melalui Pendekatan bermain dengan Alat Bantu pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mojosongo 02 Kecamatan Jebres Surakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.