Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan TGT Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Plantungan Kabupaten Kendal

Chusnul Qotimah, Titik Haryati

Abstract


Chusnul Qotimah.              “Peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIII SMP Negeri 2 Plantungan Kabupaten Kendal”. Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022.Penelitian ini dilatar belakangi adanya motivasi belajar siswa yang rendah karena dalam pembelajaran PPKn masih menggunakan model pembelajaran konvensional, dan model pembelajaran TGT belum digunakan. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu diyakini bahwa penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat atau tidaknya penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental research), yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Plantungan, dengan sampelny adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 17 siswa, dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data untuk variabel motivasi belajar siswa adalah angket motivasi belajar, sedangkan untuk pembelajaran Teams Games Tournament adalah lembar observasi. Analisis data dengan deksriptif kuantitatif, deksirptif untuk mengambarkan kondisi penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament, sedangkan kuantitatif untuk menghitung data hasil angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah kedua kelas mengalami peningkatan motivasi belajar. Pada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional mengalami peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 7,86 %, sedangkan kelas eksperimen dengan model pembelajaran teams games tournament mengalami peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 27,70 %. Dari kedua kelas tersebut dapat dilihat bahwa model pembelajaran teams games tournament dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.  Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran teams games tournament dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Saran meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan cara, guru bisa membuat suasana menjadi lebih menyenangkan dan menarik, agar emosi siswa menimbulkan perfoma yang baik ketika mempelajari suatu hal.


Full Text:

PDF

References


Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:

Ar-Ruzz Media.

A.M, Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Suardi. (2015). Belajar dan Pmbelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sukmadinata, N. S. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran . Yogyakarta: PT. Graha Ilmu.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Prespektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja

Rosdakaraya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.