Pengaruh Permainan Ikan Hiu & Ikan Teri Untuk Meningkatkan Dribbling Bola Basket Dalam Pembelajaran PJOK Kelas VII SMP Negeri 4 Pekalongan Tahun Ajaran 2022

Inggit Lesstiono, Yulia Ratimiasih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh 25 peserta didik yang belum bisa mengusai teknik dasar dribbling sehingga nilai peserta didik di bawah KKM rata-rata peserta didik mendapatkan nilai 65 dari KKM sekolah yaitu 75. Masalah yang ada dalam penelitian ini  adalah banyak peserta didik belum bisa menguasai teknik dasar dribbling bola basket masih banyaknya nilai siswa dibawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Pengaruh Permainan Ikan Hiu & Ikan Teri Untuk Meningkatkan Dribbling bola basket dalam pembelajaran PJOK khususnya kelas VII di SMPN 4 Pekalongan.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, peneliti menggunakan sampel siswa kelas  VII.B SMPN 4 Pekalongan dengan menggunakan teknik purposeful sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t sampel berpasangan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian terhadap 25 siswa kelas VII.B didapatkan bahwa hasil belajar dribbling bola basket meningkat dengan penerapan permainan hiu dan ikan teri. Hasil penilaian rata-rata belajar siswa dalam pre-test adalah 75, dan nilai setelah diberikan treartment post-test adalah meningkat menjadi 80 setelah perilaku diberikan. Kenaikan rata-rata adalah 6,25% Kesimpulan mengenai penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 4 Negeri Pekalongan mengalami kenaikan sebesar 6,25%, hal ini di sebabkan karena dengan permainan ikan hiu dan ikan teri siswa merasa pembelajaran lebih menyenangkan dan lebih aktiif.


Full Text:

PDF

References


Alyonsyah Ackbar. 2019. Pengaruh Metode Latihan Variasi Terhadap Hasil Dribble Bola Basket Siswa Putera Ekstrakurikuler SMA N 1 PKL. Kerinci . Di unduh dari pada tanggal 26 April 2022. Pukul 21.30 WIB.

Ari Widiyatmoko Fajar. ( 2017 ). Belajar dan Mengajar Bola Basket. Semarang. Lontar Media.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Yunuz Hamzah dan Heldy Vanni Alam. (2018). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Yogyakarta : Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.