Metode Pembelajaran Part Practice Dan Whole Practice Terhadap Pasing Bawah Bola Voli

Erwin Hidayat, Setiyawan Setiyawan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi siswa kesulitan dalam melakukan pasing bawah, karena siswa tidak memahami bagaimana cara melakukannya, bagaimana perkenaan bola dan ayunan serta posisi kaki dan tangan saat melakukan pasing bawah, hal itulah yang mendasari peneliti melakukan observasi sehingga hasil tersebut menunjukan bahwa pasing bawah memiliki tingkat kesulitan tinggi dan beragam bagi peserta didik kelas X MA Al-Wathoniyyah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental.
Sampel untuk penelitian ini terdiri dari siswa XA dan XB MA Al-Wathoniyyah dengan menerapkan purposive sampling. Analisis data yang diterapkan yaitu sample t-test dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil Penelitian dari 25 peserta didik X.A (praktek keterampilan) dan 25 siswa kelas X.B (praktek keseluruhan) diketahui terdapat peningkatan hasil belajar pasing bawah menggunakan penerapan model belajaran praktek keterampilan dan juga praktek keseluruhan. Kenaikan kelas part practice sebesar 19%. Kenaikan praktek keseluruhan sebesar 17%.
Simpulan penelitian ini adalah ada dampak penggunaan metode belajaran praktek keterampilan dan praktek keseluruhan hal ini dikarenakan adanya kenaikan hasil belajar siswa. Namun melalui pengujian independen sampel t-test menyatakan bahwa penggunaan metode belajaran praktek keterampilan dan juga praktek keseluruhan sama-sama berpengaruh memperbaiki niali pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Anandita. (2010). Mengenal Olahraga Voli. Bogor: Quadra.

Darmawan, D. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Darmawan, D. (2019). Hakikat Prestasi Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Faturrohman, M. (2017).Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Ar-Ruzz Media, Jogjakarta.

Faruq. (2009). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan Bola Voli.

Galang, Baqiyudin. (2013). “Perbandingan Metode Pembelajaran Whole Practice

dan Part Practice Terhadap Hasil Belajar Dribbling Bola Basket.”

Hadi, S. (2017, May). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 96-102).

Herman, Rianto. (2015). “Perbandingan Metode Pembelajaran Part Practice dan Whole Practice Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli.”

Hutabarat, D. A., & Nasution, U. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Dengan Menggunakan Problem Based Learning Dalam Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas Xi Smk Swasta Jambi Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol. 18 (2), 18(2), 105–111.

Irwansyah, Nenggala K.A. (2016). PJOK untuk SMA/MA/SMK/MAK kelas X. Bandung: Gafindo Media Pratama

Mulyana, A. (2018) Umdamg-Undang (UU) no.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan. Diambil dari: https://ainamulyana.blogspot.com/2018/06/undang-undang-uu-nomor-20-tahun-2003

Nurman Ramadhan. (2016). “Pengaruh Metode Whole Practice Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Gerak Pada Aspek Ketepatan Servis Bawah Dalam Pembelajaran Bola Voli.”

Nuril Ahmadi. (2007). Definisi Tentang Permainan Bola Voli. Solo: Era Pustaka Utama.

Putro. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmani, M. (2014). Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta Timur: Dunia Cerdas

Sabila, Ayu Wulandari. (2015). “Perbandingan Metode Pembelajaran Whole

Pracice dan Part Practice Terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket.”

Setyawan, H., & Dimyati, D. (2015). Model permainan aktivitas luar kelas untuk mengembangkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa SMA. Jurnal Keolahragaan, 3(2), 164-177.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar: Prenada

Media Grup

Wiarto G. (2015). Inovasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Penjas. Yogyakarta: laksitas

Widodo. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.