Relevansi Magang 3 Dan Minat Menjadi Guru Dalam Melatih Kemampuan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang Angkatan 2018

Reni Tri Setyoningsih, David Firna Setiawan, Novika Wahyuhastuti

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi ada mahasiswa yang tidak berminat untuk menjadi seorang guru. Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui minat menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang angkatan 2018. (2) untuk menganalisis efektivitas program magang 3 Universitas PGRI Semarang dalam melatih kemampuan dasar mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang angkatan 2018. (3) untuk mengetahui dampak minat menjadi guru dalam melatih kemampuan dasar mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan dilapangan berdasarkan wawancara dan dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data (collection), reduksi data/kondeensasi data, penyajian data (display), dan conclusion.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2018 kurang. (2) Program magang 3 Universita PGRI Semarang dalam melatih kemampuan dasar mengajar mahasiswa Universitas PGRI Semarang angkatan 2018 belum efektif. (3)Minat menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang angkatan 2018 rendah yang kemudian memberikan dampak pada keterampilan mengajar mahasiswa yang kurang terutama pada keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengadakan variasi dan keterampilan bertanya.


Full Text:

PDF

References


. (2005). Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Aditya, N. I. M. (2017). Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Dalam Menempuh Mata Kuliah Magang 3 Di SMK Negeri 9 Surakarta Tahun 2015/2016.

Ariadika, J. P., & Purwaningsih, S. M. (2019). Minat Terhadap Profesi Guru Pada Mahasiswa Program Studi. Pendidikan Sejarah, 7(3).

Ariani, R. P., Martono, T., & Indriayu, M. (2016). Pengaruh Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Fkip Uns Angkatan 2011.

Burhanuddin, Afid. (2017). Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil.

Fahrudin, A., & Fauziah, A. (2020). Persepsi Mahaisswa Iain Tulungagung Terhadap Pelaksanaan Program Magang Di MTSN 2 Kota Blitar. Pendidikan Islam, 8, 377–400.

Hakim, A., Wahidah, S., & Idrus, A. (2022). Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Kimia Setelah Menjalani Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Chemistry Education Practice, 5(1), 72.

Haqqi, U. L., Witri, G., Ibrahim, B., & Hermita, N. (2021). Hubungan Antara Minat Menjadi Guru Sekolah Dasar Dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Penelitian Ilmu Pendidikan, 4, 151–162.

Hidayah, N. (2018). Analisis Kesiapan Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sebagai Calon Pendidik Profesional. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 138–155.

Kurniasari, I. dewi. (2016). Pengaruh Minat Menjadi Guru Dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Akutansi Angkatan 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesacenter, 1(1), 80–86.

Mansyur. (2017). Keterampilan Dasar Mengajar Dan Penguasaan Kompetensi Guru (Suatu Proses Pembelajaran Micro). El-Ghiroh, XII.

Nasichah, C., Aini, Nur. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Profesi Guru ( Studi Kasus Mahasiswa PAI Angkatan 2017 Universitas Muhammadiyah Surakarta ).

Nurramadhani, A. (2019). Profil Kualitas Keterampilan Bertanya Mahasiswa Calon Guru Dalam Pembelajaran Sains. Pedagonal, 3(2), 1–9.

Prabowo, D. (2017). Implementasi Program Magang Mahasiswa Program Studi Pgsd Fkip Ums Sebagai Penguat Kompetensi Calon Guru Sd Tahun 2016/2017.

Pradana, B. P. (2018). Hambatan Mahasiswa Pgsd Penjas Kampus Wates Kelas C Tahun Angkatan 2014 Dalam Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). E-Journal.

Praptiana, Y. (2017). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan(Ppl), Minat Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2013 Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahmadanti, P. (2019). Penerapan Praktik Magang III Sebagai Upaya Dalam Persiapan Menjadi Guru Profesional Pada Mahasiswa Akutansi Universitas Muhammaiyah Sumatera Utara Angkatan 2015.

Rohman, N., & Hasibuan, A. T. (2022). Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi PGMI melalui Program Pengayaan Keterampilan Mengajar. Edumaspul, 6(1), 790–798.

Roisah, B., & Margunani. (2018). Pengaruh Minat Menjadi Guru, Penguasaan MKDK, dan PPL Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 59–74.

Rosmana, Primanita Solihah, Iskandar, S., & Fya, Syikha Fatimah. (2022). Penerapan Kurikulum Prototype Pada Masa Pandemi Covid-19. Pendidikan Dasar, 6, 62–75.

Sucahya, Deni A., & Hasyim, Budiharjo H. (2017). Studi Kasus Minat Berkarir Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Mesin UNESA. 05, 1–10.

Sundari, F. S., & Muliyawati, Y. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 26–36.

Universitas PGRI Semarang, tim penyusun L. (2019). Pedoman Pelaksanaan Magang 3.

Yulianto, A., & Khafid, M. (2016). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat Menjadi Guru, Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Yang Profesional. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 100–114.

Yuniasari, T., & Djazari, M. (2017). Pengaruh Minat Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga, Dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 Fe UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2, 78-91.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.