Pengaruh Kreativitas Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terhadap Partisipasi Belajar Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rembang
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya beberapa bentuk kreativitas guru yang belum maksimal terhadap partisipasi belajar siswa, dan beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya partisipasi siswa dalam belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kreativitas guru PPKn terhadap partisipasi belajar siswa, bagaimana bentuk kreativitas guru PPKn terhadap partisipasi belajar siswa serta bagaimana meningkatkan partisipasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kreativitas guru terhadap partisipasi belajar siswa, bentuk kreativitas guru PPKn dan untuk meningkat partisipasi belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey, metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi pada penelitain ini berjumlah sebanyak 387 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 97 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji validitas, uji regresi, dan menggunakan rumus analisi regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini adalah menunjukan kreativitas guru PPKn memiliki pegaruh terhadap partisipasi belajar siswa. Bahwa ada pengaruh kreativitas guru PPKn terhadap partisipasi belajar siswa sebesar 28,8%. Artinya partisipasi belajar dapat meningkat karena bentuk dari kreativitas yang diciptakan guru PPKn. Hal ini kemudian yang dapat menjawab hipotesis dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh kreativitas guru PPKn terhadap Partsisipasi belajar sisiwa di SMAN 2 Rembang dapat diterima.
Simpulan dari penelitian ini bentuk kreativitas guru PPKn turut mempengaruhi terhadap partisipasi belajar siswa. Terbukti dari besarnya perolehan skor kreativitas guru PPKn maka semakin guru dapat menciptakan hal baru atau mengembangkan ide kreativitasnya akan meningkatkan pula partisipasi belajar siswa dan pengaruh kreativitas guru PPKn terhadap partisipasi belajar siswa sebesar 28,8%. Saran dalam penelitian siswa diharapakan dapat meningkatakan kembali partisipasinya dalam belajar terutama pada keaktifan dalam menjawab dan bertanya ketika di kelas agar dapat mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Guru PPKn diharapkan dapat lebih maksimal kembali dalam meningkatkan kreativitasnya agar dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik partisipasi belajar siswa. Terutama dapat mengolah pembelajaran agar menarik perhatian siswa dan membuat kelas nyaman sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
Kata Kunci: kreativitas guru, partisipasi belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
Momo, Sudarma, (2013). Profesi Guru, Dipuji, Dikritisi, dan Dicaci, Jakarta : Rajawali Pers.
Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad, Belajar degan Pendekatan PAILKEM, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012).
Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta : AV PUBLISHER.
E. Mulyasa. (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional,Bandung: Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. (2016) . Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.