Strategi Peningkatan Pendapatan Pedagang UMKM Pasca Masa Endemik Covid-19 (Masyarakat Sekitar Pantai Empurancak Jepara)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari dampak yang ditimbulkan pada mas Endemik di Indonesia. Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa disegala aspek, termasuk dengan UMKM. UMKM di Pantai Empu Rancak Jepara adalah salah satu dari sekian banyak daerah yang terdampak. Dampak yang ada meliputi penurunan pendapatan pada UMKM tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang ada pada UMKM Pantai Empu Rancak Jepara dalam meningkatkan pendapatanpasca masa Endemik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah pemilik UMKM pada Pantai Empu Rancak Jepara. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa UMKM pada Pantai Empu Rancak Jepara melakukan upaya peningkatan pendapatan dengan memanfaatkan teknologi digital sosial media. Strategi peningkatan pendapatan lain yang dilakukan adalah dengan membangun personal branding UMKM. Belum terdapat inovasi yang direalisasikan oleh pihak UMKM Pantai Empu Rancak Jepara. Penyesuaian gaya hidup dan konsumsi masyarakat pada masa new normal dilakukan dengan tujuan dapat meningkatkan pendapatan di UMKM pada Pantai Empu Rancak Jepara. Namun, pembukuan atau laporan keuangan dari setiap UMKM masih belum optimal sehingga hal ini perlu dikuatkan kembali kepada seluruh pemilik UMKM di Pantai Empu Rancak Jepara. Kesimpulan yang didapatkan adalah UMKM Pantai Empu Rancak Jepara berupaya meningkatkan pendapatan pasca masa endemi dengan segala usaha yang dapat dilaksanakannya dengan kapasitas yang dimiliki
Full Text:
PDFReferences
ADDIN Mendeley Bibliography CSL_BIBLIOGRAPHY Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.
Bari, F. (2017). Pengaruh Modal, Lama Usaha, dan Jam Kerja terhadap Pendapatan Pedagang di Sekitar Pondok Pesantren Biharu Bahri’Asali Fadlaailir Rahmah di Desa Sananrejo Kecamatan Turen Kabupaten Malang. 1–16. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Furqon, D. F. (2018). PENGARUH MODAL USAHA, LAMA USAHA, DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENDAPATAN PENGUSAHA LANTING DI LEMAH DUWUR, KECAMATAN KUWARASAN, KABUPATEN KEBUMEN. 4, 51–59.
Haryani, Y., & Cita, F. P. (2021). Analisis Pendapatan UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Sumbawa (Studi Kasus Kecematan Sumbawa). Nusantara Journal Of Economics (NJE), 03(02), 29–37.
Ihza, K. N. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (Studi Kasus UMKM Ikhwa Comp Desa Watesprojo, Kemlagi, Mojokerto). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1325–1330.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Škare, M., Soriano, D. R., & Porada-Rochoń, M. (2021). Impact of COVID-19 on the travel and tourism industry. Technological Forecasting and Social Change, 163. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.120469
Sumarni, Y. (2020). Pandemi Covid-19: Tantangan Ekonomi dan Bisnis. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 46. https://doi.org/10.29300/aij.v6i2.3358
Refbacks
- There are currently no refbacks.