Tanggapan Guru PJOK Terhadap Imolementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PJOK di SMA Negeri Se Kabupaten Brebes

Durahman Durahman, Buyung Kusumawardhana, Dian Ayu Zahraini

Abstract


ABSTRACT  The background of this research is that the independent curriculumis conveyed across schools which impacts PJOK, many changes to K-13 and a free informational program include: Emotional investigation is the methodology for this survey. This study included students from 18 Brebes Regency public high schools. The reaction variable score received a base score of 90, a maximum score of 133, and a mean (mean) score of 109.88 in light of the outcomes. 8.15 standard deviation The general response of PJOK educators at public secondary schools in Brebes Rule demonstrates that the Merdeka Learning educational plan is excellent, as demonstrated by the 42 percent level of the total score for responses to the highest statement. suggestions for sports instructors to learn more about the significance and benefits of the Merdeka Learning curriculum for students, particularly adolescents. for researchers to use their expertise and knowledge to explain the Merdeka Learning curriculum to students and the general public. Keywords: Feedback, Free Learning Curriculum, PJOK, Teachers

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu. Cilacap: Institut Agama Islam Imam Ghozali.

Muhammad Syahroni, Galih Dwi Pradipta, Buyung Kusumawardhana (2019). Analisis Pembinaan Prestasi terhadap Manajemen Olahraga Sekolah Sepakbola (SSB) Se-Kabupaten Pati.

Ineu Sumarsih, Teni Marliyani, Yadi Hadiyansah, Asep Herry Hernawan, Prihantini Prihantini, (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU Volume 6 Nomor 5 Tahun 2022 Halaman 8248 - 8258Research & Learningin Elementary Education.

Kanca, I. N. (2017). Pengembangan Profesionalisme Guru Penjasorkes. In Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi PJOK, Pendidikan Olahraga Pascasarjana UM. https://doi.org/10.1007/s10531-008-9459-4. Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Jurnal ilmu keolahragaan.

Mira Marisa, (2021). INOVASI KURIKULUM “MERDEKA BELAJAR” DI ERA SOCIETY 5.0. Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora.

Muhammad Rusli Baharuddin, (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195-205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591.

Mulyasa, (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jurnal Buku Tahun 2021 Menjadi guru penggerak merdeka belajar.

Mustafa, P. S. & Dwiyogo, W.D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan.

Mustafa, P. S. (2021). Merdeka Belajar dalam Rancangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Indonesia. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan.

Mustafa, P. S. (2021). Merdeka Belajar dalam Rancangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Indonesia. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan.

Mustafa, P.S. & Dwiyogo, W.D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan.

Pengelola Web Kemdikbud. (2019). Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”. Diambil pada 14 November 2020, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/mendikbud-tetapkanempat-pokok-kebijakan-pendidikan-merdeka-belajar.

Pengelola Web Kemdikbud. (2019). Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”. Diambil pada 14 Desember 2020, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/mendikbud-tetapkanempat-pokok-kebijakan-pendidikan-merdeka-belajar.

Pengelola Web Kemdikbud. (2020). Reformasi Pendidikan Nasional Melalui Merdeka Belajar. Diambil pada 12 November 2022 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/reformasi-pendidikannasional-melalui-merdeka-belajar.

Pengelola Web Kemdikbud. (2020). Reformasi Pendidikan Nasional Melalui Merdeka Belajar. Diambil pada 30 November 2022 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/reformasi-pendidikannasional-melalui-merdeka-belajar.

Rani, (2020). SURVEI KETERLAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMA NEGERI 1 PURWOASRI. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 09 No. 02 Tahun 2021.

Ritonga, (2018). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal Inovasi Kurikulum.

Sekretariat GTK. (2019). Mengenal Konsep Merdeka Belajar dan Guru Penggerak. Diambil pada 30 November 2022 dari https://gtk.kemdikbud.go.id/readnews/mengenal-konsep-merdeka-belajar-dan-guru-penggerak.

Sekretariat GTK. (2020). Merdeka Belajar. Diambil pada 30 Juni 2021 dari https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar.

Sekretariat GTK. (2020). Merdeka Belajar. Diambil pada 30 November 2022 dari https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar.

Susetyo, (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.