Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Permainan Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Ari Setiyowati, Agus Suprijanto

Abstract


Jenis pembelajaran kolaboratif yang disebut Numbered Head Together (NHT) bertujuan guna mengubah cara siswa berinteraksi satu sama lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran head teaching matching game, index card numbering, dan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Rowosari. Masih terdapat beberapa mahasiswa mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang tidak lulus dengan nilai KKM 75 poin. Hal ini menunjukkan minat siswa dalam memahami materi menjadi berkurang akibat pembelajaran yang monoton, yang akan berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rowosari. Penelitian ini menggunakan model simple random sampling sebagai salah satu pilihan karena metode pengambilan sampel dipilih secara acak tanpa memperhatikan tingkatan atau strata. Akibatnya, sampel acak digunakan dalam penelitian ini. Sampel kelas eksperimen diambil dari kelas VIII D, sedangkan sampel kelas kontrol diambil dari kelas VIII B. Tes dan dokumentasi menyertai pengumpulan data. Ada 35 soal pilihan ganda baik tes hasil belajar kognitif maupun tes pilihan ganda yang digunakan dalam penelitian ini. Uji-t digunakan untuk analisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata prestasi akademik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Astuti, D. 2015. Hasil Belajar Siswa pada Materi IPA Kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Ambawang dipengaruhi oleh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dan Media Rocky Video.. Jurnal Ar-Razi Jurnal Ilmiah, Volume 4, No.2.

Dina Hidayatul. 2012. Pemanfaatan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Jurnal. Perguruan Tinggi Pakistan

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Sugiyono. 2015. Statiska Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanti, I. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Inovasi Hasil Belajar PKn Kelas IV 10 Bandar Create Pada Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 1. Nomor 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.