Dampak Game Online terhadap Kepribadian Sosial Anak di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangsri
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rata-rata peserta didik saat bermain game online mereka kerap lupa waktu ketika bermain bahkan saat bermain game online mereka jika mengalami kekalahan mereka mengeluarkan kata-kata yang tidak senonoh seperti perkataan kasar yang tidak patut dibicarakan oleh mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak game online terhadap kepribadian sosial anak di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangsri. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangsri. Penentuan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangsri. Fokus penelitian ini adalah "Dampak game online terhadap kepribadian sosial anak di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangsri".Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan cara triangulasi sumber. Teknik analisis data penelitian yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa jenis game online yang dapat mempengaruhi kepribadian sosial anak di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangsri yaitu Free Fire dan Mobile Legend. Kepribadian sosial anak yang di sebabkan oleh game online adalah Extrovert (mudah mendapatkan teman dan mudah bergaul) dan Introvert (malu, teman sedikit, dan sering menghabiskan waktu di rumah), Suka berbicara, Senang berdiskusi dan Berkata kasar dan kotor. Selain itu untuk mengatasi kepribadian sosial anak negatif (Introvert) dengan cara mengajaknya untuk interaksi dengan lingkungan sekitar, mengarahkan untuk mengurangi penggunaan game online, mengajaknya untuk bermain langsung agar terbiasa berbaur dengan lingkungan sekitar dan mengarahkan untuk terbuka dengan orang lain. Kesimpulan penelitian ini bahwa bermain game online akan mempengaruhi kepribadian sosial anak di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangsri sehingga saran untuk peserta didik jika berdampak negatif untuk mengurangi penggunaan game online karena terdapat dampak yang besar jika digunakan secara berlebihan sedangkan bermain game online tersebut berdampak positif maka diharapkan siswa harus komprehensif dalam penggunaan game online tersebut.Kata Kunci : Game Online, Kepribadian Sosial, Siswa SMA N 1 BANGSRI
Full Text:
PDFReferences
Adnan Syarif.2003.Psikologi Qur’ani, Cet. II.Bandung: Pustaka Hidayah.Febriyani, E. (2013).
Kasemin, Kasiyanto.2015.Agresi Perkembangan Teknologi Informasi Sebuah Bunga Rampai Hasil Pengkajian dan Pengembangan Penelitian tentang Perkembangan Teknologi Informasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Musalimah,dkk.2020.Metode Penelitian.Jakarta:Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.