Kinerja Guru PJOK Terhadap Proses Pembelajaran Berbasis E-Learning Selama Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang
Abstract
Viki Ramadhan “Kinerja Guru PJOK Terhadap Pembelajaran Berbasis E- Learning Selama Pandemi Covid-19 di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang”, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pandemi Covid-19 yang melanda sehingga peneliti ingin mengetahui tingkat pemahaman Guru PJOK saat melaksanakan e-learning atau daring ini pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Beban kerja guru ditambah dengan menyesuaikan bahkan mengganti keseluruhan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya dengan RPP yang memuat e-learning. Kurang maksimalnya e-learning yang diakibatkan oleh kurangnya media pembelajaran karena tidak semua guru memiliki perangkat elektronik yang memadai. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di 10 Sekolah Menengah Pertama yang berada di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang Tahun 2020.
Peneliti menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian dengan jumlah guru 20 orang di 10 SMP se-Kecamatan Banyumanik Kota Semarang.e-learning yang dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran PJOK tetap berjalan baik dalam kategori selalu persentase 0% atau 15 frekuensi, kategori sering persentase 33.33% atau 8 frekuensi, kategori kadang-kadang persentase 10% atau 10 frekuensi, kategori jarang persentase 20.83% atau 5 frekuensi, dan kategori tidak pernah persentase 4.17% atau 1 frekuensi. Berdasarkan hasil tersebut diartikan pembelajaran e-learning untuk PJOK sepenuh nya berjalan baik. Pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran PJOK yang dilakukan di masa pandemi Covid-19 efektif dilaksanakan mengingat pembatasan tatap muka yang diberlakukan oleh pemerintah selama pandemi covid-19 berlangsung, sehingga materi tetap tersampaikan meskipun tetap ada kendala yang terjadi saat pembelajaran e-learning berlangsung.
Full Text:
PDFReferences
Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. 2020. Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334-345.
Baalwi, M. A. 2020. Kendala Guru Dalam Proses Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Ditinjau Dari Kemampuan Information Technology (IT) Guru. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan, 3(2), 38-45.
Priansa, Suwanto. 2011. Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Purwanto, A. (2020). Studi Eksplorasi Dampak Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi Covid-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92-100.
Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju.
Suherman, W. S. 2008. Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Jasmani Teori dan Praktik Pengembangan. Yogyakarta: FIK UNY.
Refbacks
- There are currently no refbacks.