Pengaruh Flash Sale dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang

Rizka Nafisa Rohmawati, Riyanto Riyanto, Antono Herry Purnomo Adhi

Abstract


 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program promosi yang telah dilakukan oleh shopee untuk menarik konsumen dan adanya ketidaksesuaian antara gambar yang ditampilkan dengan kualitas barang aslinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh flash sale dan tagline “gratis ongkir” shopee terhadap keputusan pembelian ulang dengan kepuasan sebagai variabel intervening di kalangan mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebar angket kuesioner melalui google form. Sampel penelitian ini berjumlah 118 responden yang didistribusikan langsung menggunakan teknik non probability sampling dan diolah menggunakan SPSS22. Hasil dari penelitian ini dimana menunjukkan bahwa berpengaruh signifikan dan positif dalam variabel flash sale terhadap kepuasan konsumen di shopee. Variabel tagline menunjukkan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen di shopee. Variabel flash sale juga memperlihatkan pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian ulang. Usaha  pada penelitian tersebut memperlihatkan variabel tagline berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan membeli kembali. Variabel kepuasan yang signifikan dan positif berpengaruh terhadap keputusan pembelian ulang. Sedangkan variabel kepuasan tidak efektif sebagai variabel intervening baik terhadap variabel flash sale maupun pada variabel tagline.

 

 

Kata Kunci : Flash Sale, Tagline, Keputusan Pembelian Ulang, Kepuasan


Full Text:

PDF

References


Fariqoh, & Trihudiyatmanto, M. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kepuasan Terhadap Kepuasan Pembelian Online Dengan Keputusan Pembelian Online Sebagai Variabel Mediasi (Study Kasus Pada Santri Ma'had Mamba'ul Qur'an Wonosobo). Journal of Economic, Business and Engineering, I, 60-69.

Firmansyah, M. W. (2022). Pengaruh Tagline Gratis Ongkir dan Iklan Youtube dari Shopee terhadap Brand Awareness. Jurnal Inovasi Penelitian, III, 5147-5156.

Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Manajemen, 12, 288-298.

Jannah, M., Wahono, B., & Khalikusabir. (2022). Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Riset Manajemen, 38-51.

Ningrum, D. A., Susanto, & Maharani, B. D. (2021). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Niat Beli Ulang Konsumen di Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomi UST). Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4, 1-12.

Permatasari, L. D., & Santosa, S. B. (2021). Pengaruh Review Konsumen, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Penjualan terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Marketplace Shopee di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, X, 1-6.

Putra, T. (2022). Pengaruh Free Shipping, Flash Sale dan Cashback terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Aplikasi Shopee di Surabaya pada Masa Pandemi Covid 19.

Ritonga, R. A., & Risal, T. (2023). Pengaruh Free Ongkir Kirim Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Online Shop (Studi Pada Pengguna Shopee Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Potensi Utama). Digital Bisini : Jurnal Pubikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 73-91.

Saputri, S. I., Hakimah, E. N., & Sardanto, R. (2022). Pengaruh Flash Sale, Customer Review, Dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri). Simposium Manajemen dan Bisnis, 322-328.

Surveyandini, M., Hartiti, N., & Arinastuti. (2022). Analisis Keputusan Pembelian Ulang Pelanggan yang Menggunakan Aplikasi Shopee pada Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11, 342-352.

Suryani, S., & Rosalina, S. S. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Startup Business Unicorn Indonesia). Journal of Business Studies, IV, 41-53.

Yusuf, R., Hendrayati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1, 506-515.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/21/ini-pertumbuhan-pengunjung-shopee-sampai-kuartal-ii-2022


Refbacks

  • There are currently no refbacks.