Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Citra Destinasi terhadap Kepuasan Pengunjung di Candi Gedong Songo Semarang

Ana Khuniyar, Dwi Prasetiyo Hadi

Abstract


Banyaknya pengunjung objek wisata Candi Gedong Songgo Semarang mengalami penurunan yang sangat cukup tinggi antara 2018 hingga 2021 yang melatarbelakangi penelitian dimana terlihat beberapa aspek berpengaruh yaitu adanya permasalahan pada kualitas pelayanan fasilitas wisata, adanya wabah covid-19, munculnya citra destinasi yang kurang baik pada pengelolaan fasilitas dan sarana prasarana bagi pengunjung. Pengaruh lokasi, kualitas pelayanan dan citra destinasi terhadap kepuasan pengunjung di Candi Gedong Songo Semarang menjadi tujuannya. Pendekatan deskriptif yang dipergunakan untuk meneliti berupa penelitian kuantitatif serta seluruh pengunjung Candi Gedong Songo yang jadi populasi penelitian. Teknik Purposive Sampling yang dipergunakan untuk memilih sampel dimana teknik tersebut termasuk kedalam teknik Non-Probability. Penelitian mendapatkan perolehan : 1. Kepuasan pengunjung di Candi Gedong Songo Semarang tidak ada pengaruhnya dengan cara parsial kepada lokasi yang ada. 2. Kepuasan pengunjung di Candi Gedong Songo Semarang memiliki kualitas yang baik dimana hal tersebut sangat signifikan berpengaruh dengancara parsial. 3. Kepuasan pengunjung di Candi Gedong Songo Semarang dengan cara parsial tidak memiliki pengaruh signifikan pada citra destinasi. 4. Secara simultan (bersama-sama) kepuasan pengunjung di Candi Gedong Songo Semarang memiliki signifikan ada pengaruh lokasi, kualitas pelayanan serta citra destinasi.


Full Text:

PDF

References


Hanif, A., & Mawardi, A. K. M. K. (2016). DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN ( Studi pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kota Batu ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38(1), 44–52.

Khansa, V. R., & Farida, N. (2016). BERKUNJUNG KEMBALI MELALUI KEPUASAN ( Studi pada Wisatawan Domestik Kebun Raya Bogor )

Marhanah, S., & Wahadi, W. H. (2016). PENGUNJUNG DI TAMAN MARGASATWA THE INFLUENCE OF TOURISM FACILITIES AND QUALITY OF SERVICE TO CUSTOMER SATISFACTION AT TAMAN MARGASATWA. 13(1).

Rahmat Fajrin, A., Wijayanto, G., & Kornita, S. E. (2021). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(1), 40–47. https://doi.org/10.25299/kiat.2021.vol32(1).7406

Sari, M. I. (2022). Pengaruh citra destinasi, promosi, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung dira swimming pool ambulu. 20(1), 1–9.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.