Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di UMKM (Warung Makan Mbak Kun Pantai Empu Rancak Jepara)

Fara Shabrina Adzly, Riyanto Riyanto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknyapersaingan bisnis di era sekarang. Beberapa faktoryang sangat diperlukan untuk menunjangkeberlangsungan bisnis dan memastikan keputusanpelanggan dalam membeli sebuah produk, diantaranyaadalah lokasi, harga, kualitas pelayanan. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh darilokasi, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di UMKM Warung Makan Mbak Kun Pantai Empu Rancak Jepara. Penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif dengan tujuanuntuk menentukan hubungan antara berbagai aspekyang diteliti melalui koefisien korelasi statistik. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang bagikan melalui tautan google form kepada 97 orang yang merupakan pelanggan dari UMKM WarungMakan Mbak Kun Pantai Empu Rancak Jepara. Populasi dalam penelitian ini merupakan pelanggandari UMKM Warung Makan Mbak Kun Pantai Empu Rancak Jepara yang tidak diketahui jumlahnyasedangkan sampel berjumlah 97 orang. Sampelditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Analisis data menggunakan uji asumsiklasik dan uji linearitas berganda. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat pengaruh lokasi, harga, dan kualitas pelayanan terhadapa keputusan pembeliandi UMKM Warung Makan Mbak Kun Pantai Empu Rancak Jepara sebesar 85.9%. Hasil penelitianmenemukan bahwa lokasi, harga dan kualitaspelayanan berpengaruh positif signifikan terhadapkeputusan pembelian UMKM Warung Makan MbakKun Pantai Empu Rancak Jepara.

Full Text:

PDF

References


Arianto, D. P. H. (2018). Pengaruh Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Kopisae. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(8), 1–18.

Astuti, R., & Abdullah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Di Usaha Mikro Kecil Menengah. In Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Di Usaha Mikro Kecil Menengah (Vol. 1, Issue 0118047804).

Kelvinia, Putra, M. U. M., & Efendi, N. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 11(2), 85–98. https://doi.org/10.55601/jwem.v11i2.795

Lagautu, J., Soegoto, A. S., & Sepang, J. L. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt.Matahari Department Store Mantos. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 751–760.

Sinambow, S., & Trang, I. (2015). Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Komputer Game Zona Mega Mall Manado. Jurnal Emba, 3(3), 300–311.

Sundalangi, M., Mandey, S. L., & Jorie, R. J. (2014). Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 313–324.

Walukow, A. L. P., Mananeke, L., & Sepang, J. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA, IV(3), 2–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.