Peran Program Sekolah Penggerak dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila (Studi Kasus SMA N 2 Ungaran)

Anifatus Sholikhah, Sri Suneki

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah: Kurangoptimal peran warga sekolah dalam pelaksanaanProgram Sekolah Penggerak yang ada di SMA N 2 ungaran. Rumusan masalah penelitian ini, yaitubagaimana peran Program Sekolah Penggerak dalammewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SMA N 2 Ungaran. Sedangkan tujuan penelitian ini, untukmengetahui bagaimana peran Program SekolahPenggerak dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SMA N 2 Ungaran.Jenis penelitian yang digunakandeskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMA N 2 Ungaran. Fokus penelitian ini, adalah “ Peran Program  Sekolah Penggerak dalamMewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” denganmenggunakan indikator pertama Program sekolahpenggerak sebagai perwujudan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian meleluiterciptanya pelajar Pancasila, kedua Peran program sekolah penggerak untuk mengakselerasi sekolahnegri/swasta di seluruh kondisi untuk bergerak 1/2 tahap lebih maju,ketiga Beriman, bertaqwa kepadaTuhan Yang Maha Esa dan berahlak mulia, keempatberkebhinekaan global, kelima mandiri, keenambergotong-royong, ketujuh bernalar kritis, dan kedelapan kreatif. Metode yang digunakan untukmengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakanantara lain Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajiandata, dan Kesimpulan.Hasil peneliti, yaitu: 1). PeranProgram Sekolah Penggerak sudah terlaksana denganbaik di SMA N 2 Ungaran. Hal ini dapat dilihat dariperan warga sekolah yang saling berkoordinasi denganbaik dalam melaksanakan Program Sekolah Penggeraktersebut, mulai dari Kepala Sekolah, Guru, Waka, StafKaryawan, siswa serta orangtua siswa. 2). Peran ProfilPelajar Pancasila di SMA N 2 Ungaran sudahterlaksana dengan baik. Hal itu dilihat dari kegiatanpembelajaran guru di dalam kelas yang sudahmengaitkan  keenam dimensi Profil Pelajar Pancasila agar dapat membentuk karakter sisrwa denganbaik..Kesimpulan penelitian ini, yaitu Peran Program Sekolah Penggerak dalam mewujudkan Profil PelajarPancasila sudah terlaksana dengan baik. Hal itu dapatdilihat dari berbagai kegiatan yang ada di SMA N 2 Ungaran sudah mencerminkan keenam dimensi ProfilPelajar Pancasila. 

Kata Kunci : Program Sekolah Penggerak, ProfilPelajar Pancasila, Siswa SMA


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aildayanto, Suking, A.,& Sumar, W. T. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoris, Eksploratif, dan Aplikatif. CV.Cendekia Press.

Asnil, Aida & Yudha Wijaya,L. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Inovasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan.: Jurnal Pendidikan, Vol. 31 (195-206)., http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp

Azmi, F. (2021). Merdeka Belajar. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism IJIERM, Vol. 3 No.

Bayumie, S. (2020). Menakar Konsep Merdeka Belajar. https://intens.news/menakar-konsep-merdeka-belajar/

Biduri, F. N. (2021). Konsep Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin di Indonesia. In Waktunya Merdeka Belajar (hal.110). Akademia Pustaka.

Daga, A.T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, Volume 7,. https://doi.org/DOI: 10.31949.

Desianti, L.C., & Rahayuningsih, T. (2022). Sekolah Penggerak and Guru Penggerak Evaluation Policy as Pioneers of Changes in The Education System in The New Paradigma Curriculum. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 06, N https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal.

Elwijaya, F.,Mairina, V., & Gistituati, N. (2021). Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)

Kemendikbud. (2021a). Merdeka Belajar Episode 7: Program Sekolah Penggerak.

Kemendikbud. (2021b). Program Sekolah Penggerak. https://sekolah.penggerak.kemendikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/02/paparan-program-sekolah-penggerak.pdf

Kemendikbud. (2021c). Program Sekolah Penggerak (PSP).

Kemendikbud. (2022). KBBI Daring. https://kbbi.kendikbud.go.id/entri/penggerak

Kherysuryawan. (2021). Pengertian dan Manfaat Menjadi Sekolah Penggerak.

https://www.kherysuryawan.id/2021/11/pengertian-dan-manfaat-mnenjadi-sekolah.html?m=1

Magdelena, M.C. (2022). Curriculum “ Sekolah Penggerak”: An Overview of Solutions to Learning Problems. Procceding International Confference On Religion, Science and Education.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Sekolah Penggerak (Nomor 1177/M/2020).

Patilima, S. (2021) Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar NasionalPendidikan Dasar “ Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0.”

Rachmawati, N., Marini,A.,Nafiah,M.,& Nuraisah,I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol 6.

Rahayu, R., Rosita, R., Sri , Y.,Rahayuningsih, Hermawan, A,H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, vol 6.

Rusmini. (2017). Metode Penelitian (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif,Mixed Methodes, serta Reaserch & Devolepment). Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Saidah, K.,& Imron, I.F. (2022). Implementation Of The Oprational Curiculum Of Sekolah Penggerak at Elementary Schools. Vol .9 No.

https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik.

Sibagariang, D., Sihotang, H.,& Murniarti , E (2021). Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendifikan, Vol .14, No.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Alfabeta.

Syafi’i, F.F. (2021). Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak . Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Triati, Jaulis, N., & Ridwan. (2022). School Management in the “ Sekolah Penggerak” Curiculum In Vocational High School. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, Vol.5.

Wasimin. (2022). Project Based Learning As a Media For Accelerating The Aciviement Of Profil Pelajar Pancasila In The Program Sekolah Penggerak. International Journal Of Social Science (IJSS), Vol. 1. https://bajangjournal.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.