Implementasi Kebinekaan Global Di Sekolah Menengah Atas Kesatrian 2 Semarang

Jelinshi Nofelantina Ferdani, Titik Haryati

Abstract


Kebinekaan global merupakan salah satu dimensi profil pelajar Pancasila yang akan ditumbuhkan pada generasi muda era globalisasi, sekaligus menjadi salah satu visi yang tertuang dalam rencana strategis Kementrian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi Republik Indonesia (Kemendibudristek). Dimensi ini merupakan hal baru yang sebelumnya belum ada dalam penguatan pendidikan karakter. SMA Kesatrian 2 Semarang yang sudah menerapkan kurikulum merdeka mengambil langkah melaksanakan dimensi kebinekaan global, karena mendukung salah satu misi SMA Kesatrian 2 Semarang yaitu terwujudnya lulusan yang beriman dan takwa, berbudi pekerti luhur, berwawasan IPTEK, dan unggul dalam persaingan global. Penelitian ini dirancang dengan metode Deskriptif Kualitatif. Prosedur analisis data melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan, keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian, yakni SMA Kesatrian 2 Semarang telah melaksanakan kebinekaan global dengan mengacu pada buku panduan elektronik yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek serta didukung oleh salah satu strategi pelaksanaan kebinekaan global yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Temuan penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan kebinekaan global dengan mengintegrasikan elemen dan sub elemen kebinekaan global dalam mata pelajaran cukup efisien tetapi belum sepenuhnya elemen diterapkan, ada satu elemen yang belum sempurna yaitu berkeadilan sosial dan strategi yang diterapkan hanya satu dari empat yang cukup efisien meskipun belum secara maksimal dan masih harus di pelajari lebih lanjut

Full Text:

PDF

References


Andriani Safitri, D. W. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 1076-7086. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Panduan Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: https://jdih.go.id.

BSKAP. (2022). Dimensi, Elemen dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: https://litbang.kemdikbud.go.id/ .

BSKAP. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Dewi Anggraeni, E. P. (2022). Peran Guru Dalam Menghadapi Tantangan Imolementasi Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Pada Era Omicron dan Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar (pp. 75-87). Yogyakarta: Jurnal.ustjogja.ac.id.

Ghozali, S. (2020). Strategi dalam Pengembangan Karakter Pelajar Pancasila. Attaqwa:JurnalIlmuPendidikan Islam, 200-212.

Iis Nurasiah, A. M. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6 (3), 3639 - 3648. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Implementasi. (2016). Pada KBBI Daring. Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/religiositas

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 009/H/Kr/. (2022). Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: https://jdihn.go.id/.

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J.. Q. (2014). ualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook ( Edition 3 ed.). USA: Sage Publications.

Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Novi Andri Nurcahyono, I. S. (2021, Oktober 25). Realisasi Bisnis Digital Siswa Guna Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila sebagai SMK Pusat Keunggulan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar(JIKM), 1(2), 86-93. doi:https://doi.org/10.56972/jikm.v1i2.8

Permendikbudristek No. 22 Tahun. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Jakarta: jdih.kemdikbud.go.id.

Pusat Asesmen Pendidikan. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbud.

SK Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan No. 009. (2022). Dimensi, elemen, dan sublemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: https://jdihn.go.id/.

SMA Kesatrian 2 Semarang. (2023). Visi Misi dan Tujuan SMA Kesatrian 2 Semarang. SMA Kesatrian 2 Semarang, 1. Retrieved Februari 1, 2023, from https://smakesatrian2-smg.sch.id/

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi penelitian : lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

UU No. 20 Tahun. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Wibiyanto, F. S. ((2021)). Analisis Faktor Pendukung Dan Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah. Skripsi thesis, 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.