PERAN GURU PENJASORKES DALAM UPAYA PENANAMAN SIKAP ANTI BULLYING DI SEKOLAH MAN TEMANGGUNG

Ratu Anagel Alanuristra Chikarandista, Buyung Kusumawardhana, Fajar Ari Widiyatmoko

Abstract


Siswa MAN Temanggung menjadi sasaran beberapa kejadian perundungan verbal yang menjadi pendorong penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran instruktur pendidikan jasmani dalam mendorong perilaku anti-bullying di sekolah MAN Temanggung. Penelitian deskriptif kualitatif adalah jenis yang digunakan di sini. Kepala sekolah, penyuluh pendidikan jasmani, komite sekolah, dan perwakilan siswa MAN Temanggung menjadi subjek penelitian ini. Pendekatan wawancara digunakan dalam metodologi pengumpulan data. Proses reduksi data, penyajian data, dan perumusan kesimpulan digunakan dalam analisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa MAN Temanggung mempunyai situasi perundungan verbal yang beragam. Jika penindasan bukan merupakan hal yang ilegal, pendekatan yang dilakukan MAN Temanggung adalah menghadapi pelaku intimidasi secara langsung. Apabila perundungan sudah terjadi lebih dari satu kali, maka guru BK akan dihubungi kembali untuk mendapatkan dukungan lebih lanjut dan peringatan yang lebih kuat. Hukuman yang dijatuhkan juga akan lebih berat jika tindakan perundungan terus terjadi di luar batas kewajaran. Taktik ini membantu meningkatkan kenyamanan lingkungan belajar di MAN Temanggung. Kesimpulan penelitian ini adalah kebijakan MAN Temanggung yang mengedepankan perilaku anti-bullying berhasil meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan kelas dan menciptakan lingkungan yang lebih nyaman.


Full Text:

PDF

References


Anesty, Esya. 2009. Konseling Kelompok Behavioral untuk Mereduksi Perilaku Bullying Peserta didik Sekolah Menengah Atas (Penelitian Eksperimen Kuasi terhadap Peserta didik Kelas X Bandung). Skripsi. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan UPI.

Ardy., & Wiyani. 2012. Save Our Children From School Bullying. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Arya, Lutfi. 2018. Melawan Bullying: Menggagas Kurikulum Anti Bullying di Sekolah. Mojokerto: CV Sepilar Publishing House Anggota IKAPI

Cowie, Helen,. & Jennifer, Dawn. 2009. Penanganan Kekerasan di Sekolah (Pendekatan Lingkup Sekolah untuk Mencapai Praktik Terbaik). Terjemahan oleh Ursula Gyani. Jakarta: Indeks.

Januarko, Wahyu. 2013. Studi Tentang Penanganan Korban Bullying pada Peserta didik SMP Se-Kecamatan Trawas. Jurnal BK UNESA, (Online), Vol. 04, No. 02, http://jurnal-bk-unesa/article/view/7440, (diakses 22 Januari 2019)

Putri, Fellinda Arini. 2016. Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying di SMP Negeri 1 Mojokerto. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, (Online), Vol. 1, No. 04, http://jurnalmaahpeserta didik.unesa.ac.id/index.php/jurnalpendidikan-kewarga ne garaan/article/view/14160/4887, (diakses 24 Januari 2019).

Semai Jiwa Amini. 2008. Bullying : Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: PT Grasindo

Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka M


Refbacks

  • There are currently no refbacks.