Pengaruh Daya Tarik, Promosi dan Fasilitas terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisata Curug Bengkawah Kabupaten Pemalang

Salsabila Putri Endryan, Aryan Eka Prastya Nugraha

Abstract


Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh daya tarik, promosi, dan fasilitas terhadap Minat Berkunjung Kembali ke destinasi wisata Curug Bengkawah di Kabupaten Pemalang, menggunakan teknik regresi linier berganda yang diproses melalui program SPSS dalam penanganan data. Deklinasi dalam frekuensi kedatangan turis ke Curug Bengkawah di Kabupaten Pemalang selama periode 2018 sampai dengan 2022 dicatat oleh observasi. Populasi yang menjadi subjek penelitian ini adalah individu yang paling tidak sekali berkunjung ke Curug Bengkawah, dengan sejumlah 100 responden yang ditarik menggunakan metode purposive sampling. Kuesioner telah digunakan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif ini. Hasilnya menunjukkan bahwa daya tarik (X1), promosi (X2), dan fasilitas (X3) memberikan pengaruh signifikan dan positif terhadap Minat Berkunjung Kembali (Y), baik secara simultan maupun parsial.

Full Text:

PDF

References


Annisha, R., Hotimah, O., & Munandar, A. (2022). The Influence of Attractions and Amenities on Revisit Intention at the Natural Tourism Object of the Hulu Dayeuh Trijaya Campground, Mandirancan District, Kuningan Regency. Department of Geography Education,Faculty of Social Science, 154–160.

Ardiansyah, Y., & Ratnawili. (2021). Daya Tarik, Citra Destinasi, dan Fasilitas Pengaruhnya terhadap Minat Berkunjung Ulang Pada Objek Wisata Wahana Surya Bengkulu Tengah. Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 2(2), 129–137.

Ariyani, R. M., Dhameria, V., & Suyitno. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Promosi Media Sosial terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan di Waduk Setu Patok Kabupaten Cirebon. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 133–147. https://doi.org/10.26740/jpeka.v6n2.p133-147

Harani, A. R., Arifan, F., Werdiningsih, H., & Riskiyanto, R. (2017). PEMETAAN POTENSI DESA MENUJU DESA WISATA YANG BERKARAKTER (Study kasus : Desa Pesantren Kec Ulujami Kab Pemalang). Modul, 17(1), 42. https://doi.org/10.14710/mdl.17.1.2017.42-47

Kusumaningrum, S., Rachma, N., & Khoirul, M. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Kunjung Kembali Wisatawan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Riset Manajemen, 1–14. www.fe.unisma.ac.id

Wahim, I., Chu, J.-Y., & Huynh-Cam, T.-T. (2023). The Effects of Attraction, Promotion and Accessibility on Revisiting Intention to Tana Toraja, South Sulawesi, Indonesia. Journal of Mandalika Review, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.55701/mandalika.v2i1.8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.