STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN MEBEL MUGI BAROKAH DI KUDUS

Liara Syanita Putri, Dwi Prasetyo Hadi

Abstract


Penelitian berikut diadakan berasaskan latar belakang yakni munculnya penjualan pada Mebel Mugi Barokah selama tahun 2021-2022 mengalami penurunan pendapatan. Hal itu bisa dilihat pada tabel diatas, penurunan pendapatan pada Mebel Mugi Barokah disebabkan karena belum sesuai target pasar dan dengan mengamati siatuasi tersebut sehingga Mebel Mugi Barokah membutuhkan rancangan strtegi pemasara yang benar dan tepat agar mampu bersaing di dalam persaingan yang ketat, pada 2021 omset yang didapat sebesar Rp. 421,055,000 namun pada tahun selanjutnya Mebel Mugi Barokah mengalami penurunan. Dapat dilihat di tabel pada 2021 sebesar Rp. 421,055,000 ke 2022 sebesar 311,605,000 penurunan hingga Rp. 109.450.000 sama akan 74% dari pendapatan pada tahun sebelumnya.

Metode penelitian berkut mendayagunakan penelitian kualitatif. Instrument penghimpunan data mamanfaatkan acuan wawancara, obervasi, serta dokumentasi. Teknik analisis validasi data pada penelitian beriut yakni mendayagunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data memanfaatkan data reduction, data display, conclusion drawing/ verification.

Temuan penelitian menegaskan bahwasanya produk (poduct), Kinerja (Performance) sama akann kualitas yang Mebel Mugi Barokah berikan. Namun guna memprioritaskan pemesanan konsumen sebagaimana kemauan customer dianggap kurang baik karna pasti ada kendala pada bahan baku dan waktu pengerjaan yang tidak pasti. Sedangkan untuk daya tahan Mebel Mugi Barokah memiliki kualitas yang bagus, b. Harga (price) penetapan harga yang ditetapkan pemilik mebel bisa dianggap relative murah manakala dikompersasikan produk mebel lainnya, c. Tempat (place), lokasi usaha Mebel Mugi Barokah ini bisa dikatakan strategis, mampu dijangkau dengan mudah oleh konsumen karena lokasi yang bertepatan di samping jalan raya desa, d. Promosi (promotion), pada usaha Mebel Mugi Barokah sudah menggunakan promosi yang memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan sosial media menjadi media untuk promosinya.


Full Text:

PDF

References


Al rasyid, H., & Tri Indah, A. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Perspektif, 16(1), 39–49. https://doi.org/2550-1178

Assauri, Sofjan. 2016. Manajemen Operasi Produksi (Pencapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan). Edisi 3. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cut Mutiawati.,dkk,2019. Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Jalan Raya. Yogyakarta : Deepublish.

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.

M. Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: CV Qiara Media.

Manus, F., dan W. Lumanauw, B. (2015). Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Layanan, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Tri di Kelurahan Wawalintouan Tondano Barat. Jurnal EMBA Vol.3 No.2 Juni (2015).https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/8697/8261

Pondaag, T. O., & Soegoto, A. S. (2016). Evaluasi Strategi Promosi Dan Penjualan Terhadap Evaluation of Promotion Strategy and Sales Toward Competitive Advantage At. Emba, 4(2), 133–143.

Riyono, & Budiharja. (2016). Pengaruh Kualitas , Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal STIE Semarang, Vol 8, NO. 2, Edisi Juni 2016 , 101.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.