Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Atletik Lari Dengan Pendekatan Outbound Game untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas V SD Negeri 01 Pudakpayung

Arga ilham firdaus zain, Galih Dwi Pradipta

Abstract


Kurangnya minat dan antusias siswa, terutama dalam hal materi atletik menjadi latar belakang masalah penelitian dan penerapan permainan outbound menjadi variabel independen diharapkan dapat mempengaruhi meningkatnya variabel dependen berupa motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK terutama dalam materi atletik. Untuk mengetahui adanya pengaruh dari permainan  Outbound peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif lokasi penelitian di SDN Pudakpayung 01 Semarang.  Simple Random Sampling digunakan pada penelitian ini untuk cara pengambilan sampel. Untuk mengetahui hasil sebuah data penelitian valid atau tidak dibutuhkanya uji pre-test dan uji Pos-test. Dalam hal ini yang di ujikan yaitu Efektivitas Pendekakatan Outboun game untuk materi atletik lari untuk meningkatkan motivasi siswa. Dalam uji normalitas dan homogenitas memperoleh kesimpulan bahwa data yang sudah dihitung pada penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen yang dibuktikan dengan adanya perolehan nilai signifikansi > 0,05. Dan pada uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan memperoleh nilai signifikansi < 0,05. Dengan hasil yang diperoleh melalui serangkaian uji yang tersebut maka dari itu kesimpulan yang dapat ditarik adalah adanya pengaruh yang dihasilkan dari penerapan permainan outbound terhadap peningkatan motivasi belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Darmayasa, I Putu. 2018. Teori Dan Praktik Olahraga Rekreatif Dan Sport Outbound. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Dewi, Gina, and Lestari Nur. 2014. “Gina Dewi Lestari Nur, 2014 Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri Di SMPN 1 Panumbangan.” Yoanda Amallya: 2008–10.

Gustiawati, Resty, Fahrudin, and Muhamad Mury Syafei. 2014. “Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih Dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes.” Jurnal Ilmiah Solusi 1(3): 33–40.

Lewar, Emanuel, and Hendra Jondry Hiskya. 2021. “Pengaruh Olahraga Outbound, Kepemimpinan Dan Motivasi Dalam Pembelajaran Olahraga Rekreasi.” Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) 4(01): 124–30. http://www.ejournal.unmus.ac.id/index.php/physical/article/view/3772 (November 21, 2022).

Rahayu, Jati Satyaning. 2013. “Kontribusi Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 9(2): 134–40.

Widodo, Agung. 2018. “Agung Widodo; Dosen PJKR FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi 53.” Jurnal Motion IX(1): 53–60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.