STRATEGI PENJUALAN INDUSTRI KREATIF STUDI DI SENTRA KERAJINAN KAYU JATI DESA SAMBONGANYAR BLORA JAWA TENGAH

Resha Indra Wijaya, Endang Wuryandini

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi penjualan kerajinan kayu jati mengalami penurunan omset pada tiap bulannya yang disebabkan karena jaringan penjualan dan promosi produk hanya di wilayah kecamatan Ngawen Blora. Adanya kendala pengiriman barang disebabkan karena cuaca hujan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan strategi penjualan industri kreatif studi di sentra kerajinan kayu jati desa Sambonganyar Blora Jawa Tengah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi gabungan dijadikan sebagai teknik pengumpulan data. Uji kredibilitas data dengan trianggulasi teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diketahui strategi penjualan dilakukan dengan beberapa aspek, yaitu produk, harga, distribusi, dan promosi. Produk kerajinan kayu jati dapat dikembangkan baik bentuk yang bervariasi dan kualitas sesuai dengan bahan yang digunakan serta memiliki ciri khas produk Kabupaten Blora Jawa Tengah. Harga produk kerajinan disesuaikan dengan kualitas bahan kayu jati yang digunakan dan tingkat kesulitan pengerjaan. Distribusi dilakukan secara langsung menggunakan armada sendiri dan menyewa armada untuk pengiriman jarak jauh dalam jumlah besar. Promosi dilakukan secara langsung kepada konsumen, memberikan potongah harga, dan menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen

Full Text:

PDF

References


Adittya, Sefta. (2020). Jaringan Sosial Ekonomi Industri Kreatif Es Duren Doubleā€™d di Kota Palembang. Skripsi. Palembang: Universitas Sriwijaya Palembang.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Juniar, Eki Rizky. (2020). Pemberdayaan Industri Kreatif Berbasis Modal Sosial (Studi Kasus: Rumah batik Palbatu, Tebet, Jakarta Selatan). Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Maya, Siska. (2016). Strategi Peningkatan Penjualan Usaha Kecil Menengah melalui E-Commerce Studi Kasus: Mitra UKM Perusahaan X. Journal of Applied Bussiness and Economics. Vol.2, No.3 Maret 2016.

Nuraini dan Rifzaldi Nasri. (2017). Strategi Pengembangan Industri Kreatif dengan Pendekatan Tripple Helix (Studi Kasus Pada Industri Kreatif di tanggerang Selatan). Seminar Nasional Riset Manajemen dan Bisnis 2017. ISBN: 978-602-361-067-9.

Sari, Elma Novita. (2021). Strategi Penjualan dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Buah di Pasar Sentral Kota Palopo. Skripsi. Palopo: Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.