Pengaruh Peran Orang Tua dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Administrasi Transaksi Siswa Kelas XI BDP di SMK N 1 Kudus

Salsabila Azky Putri

Abstract


Salsabila Azky Putri “Pengaruh Peran Orang Tua dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Administrasi Transaksi pada Siswa Kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK N 1 Kudus”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai siswa kelas XI BDP pada mata pelajaran administrasi transaksi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh peran orang tua, fasilitas belajar dan motivasi belajar secara parsial terhadap hasil belajar administrasi transaksi siswa kelas XI BDP di SMK N 1 Kudus. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan metode asosiatif kausal. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI BDP yaitu 106 siswa sedangkan sampel penelitian sebanyak 70 responden. Hasil penelitian yaitu (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan peran orang tua terhadap motivasi belajar, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar, (3) terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan peran orang tua terhadap hasil belajar, (4) terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar, (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rahman, M. F. 2015. "Pengaruh dukungan orang tua dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi melalui motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran". In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (Vol. 1, No. 1).

Rahmawati, Desi, and Muhamad Toyib. 2018. “Kontribusi Fasilitas Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Dan Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika.”

Sardiman, A. M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sholekhah, Ika Maratus, and Syamsu Hadi. 2014. “Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Motivasi Belajar SMP Negeri 1 Ambarawa (Studi Kelas VII Tahun Ajaran 2013/2014).” 3(2).

Slameto. 2006. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

______. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyuni, R. S. 2017. "Hubungan Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Siswa Kelas 5 di SD Al Azhar Syifabudi Pekanbaru Tahun 2012". Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 2 (1), 18-24.

Wulandari, Ratri. 2018. “Kontribusi Motivasi Belajar, Peran Orang Tua Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMP N 02 Banyudono Tahun 2017/2018.”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.