Pengaruh Penggunaan Gadget, Motivasi, Lingkungan Sekolah, Kedisiplinan. Terhadap.Prestasi.Belajar.Siswa Kelas.X di SMA.Negeri 3.Rembang Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Friska Ana Susanti “Penggunan Gadget, Motivasi, Lingkungan Sekolah, Kedisiplinan terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 3 Rembang Tahun Ajaran 2020/2021”. Penelitian ini dilatarbelakangi prestasi belajar siswa yang menurun dan diduga adanya faktor – faktor yang melatarbelakangi yaitu penggunaan gadget, motivasi, lingkungan sekolah dan kedisiplinan. Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap prestasi belajar siswa, 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa, 3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa, 4) Untuk mengetahui kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penggunaan gadget tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar di SMA Negeri 3 Rembang 2) Motivasi tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar di SMA Negeri 3 Rembang 3) Lingkungan sekolah tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar di SMA Negeri 3 Rembang 4) Kedisiplinan berpengaruh terhadap prestasi belajar di Negeri 3 Rembang. Uji Simultan (uji F) pada pengaruh penggunaan gadget (), motivasi (), lingkungan sekolah (), kedisiplinan () berpengaruh dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y). Hasil Uji Determinasi () menunjukkan bahwa terdapat pengaruh variabel pengaruh penggunaan gadget (), motivasi (), lingkungan sekolah (), kedisiplinan () terhadap Prestasi Belajar (Y) kelas X di SMA Negeri 3 Rembang.
Full Text:
PDFReferences
Bimayu, Warih, dkk. 2020. “The effect of emotional intelligence, student’s motivation toward student’s Achievement”. Internasional Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT). Volume 20, Nomor 1. Halaman 06-16. Diunduh dari http://journal.unipma.ac.id/index.php/jipm. pada 10 April 2021.
Elis, Mediawati. 2010. Pengaruh motivasi belajar mahasiswa dan kompetensi dosen terhadap prestasi belajar. Jurnal Pedidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. Volume V, Nomor 2. Halaman 134-146. Diunduh dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/4922. pada 10 April 2021.
Halawa, Fransiscus Amonio dan Febianus Fensi. 2020. Pengaruh kecerdasan emosi, lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dan dampaknya terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahan. Volume 4, Nomor 2. Halaman 098-111. Diunduh dari https://journal.ubm.ac.id/index.php/pengabdian-dan kewirausahaan/article/view/2327. pada 13 november 2020.
Harfiyanto, Doni, dkk. 2015. Pola interaksi sosial siswa penggunaan gadget di SMA 1 Semarang. Journal of Educational Social Studies. Volume 4, Nomor 1. Diunduh http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess. pada 10 April 2021.
Hudaya, Adeng. 2018. Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar peserta didik. Research and Development Journal of Education. Volume 4, Nomor 2. Diunduh https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/3380. pada 14 November 2020.
Lestari, Viviana Lisma dan Suwarsito. 2020. “The influence of parental attention and larning interest toward learning achievement”. Internasional Journal of Progressive Sciences and Technologies. Volume 2, Nomor 1. Diunduh dari https://jurnalstitmaa.org/alasma/article/view/33. pada tanggal 15 November 2020.
Mariskhana, Kartika. 2017. Pengaruh televisi dan gadget terhadap prestasi belajar anak. Prespektif. Volume XV, Nomor 2. Diunduh dari https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/2060. pada 14 November 2020.
Retno, Okviana. 2019. Pengaruh minat dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar sejarah indonesia. Jurnal Pendidikan IPS. Diunduh dari https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/2060. pada 13 November 2020.
Rosada, Ulfa Danni. 2019. Hubungan pola asuh demokratis orangtua dan kecedasan emosional terhadap prestasi belajar. Jurnal Fokus Konseling. Volume 5, Number 2. Halaman 116-124. Diunduh dari https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/fokus.article/view/808. pada 10 April 2021.
Setiyawan, Ramadhana, dkk. 2019. Analisis pengaruh kebiasaan belajar, minat belajar, lingkungan belajar siwa terhadap prestasi belajar pemrogaman dasar kelas X teknik komputer dan jaringan jaringan (Studi Kasus: SMKN 5 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Kompute. Volume 8, Nomor 3. Halaman 8166-8173. Diunduh http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6116. Di akses pada 14 November 2020. pada 14 November 2020.
Refbacks
- There are currently no refbacks.