Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Otomatisasi tata kelola kepegawaain kelas XI SMK Al-Ikhlas Losari Brebes, (2) menguji pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Otomatisasi tata kelola kepegawaain kelas XI SMK Al-Ikhlas Losari Brebes, (3) menguji pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Otomatisasi tata kelola kepegawaain kelas XI SMK Al-Ikhlas Losari Brebes, dan (4) menguji Motivasi, disiplin dan lingkungan belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Otomatisasi tata kelola kepegawaain kelas XI SMK Al-Ikhlas Losari Brebes. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji hipotesis signifikansi simultan (uji F) diperoleh nilai Fhitung sebesar 19.565 dan untuk Ftabel sebesar 2,74 dan nilai Signifikansi pada uji F sebesar 0.000 < 0.05. maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti motivasi, disiplin dan lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Untuk koefisien determinasi sebesar 0,665 sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi, didiplin, dan lingkungan belajar berpengaruh sebesar 66,5% sedangkan sisanya 35,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Full Text:
PDFReferences
Al Fath, A. M. (2015). Pengaruh Motivasi, Lingkungan, dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 19 Banda Aceh. Visipena, 6(1), 1-11.
Al Khumaero, L., & Arief, S. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Disiplin Belajar, Dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 698-710.
Alawiyah, S., Ghozali, S., & Suwarsito, S. (2019). Pengaruh Lingkungan dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Studi Guru
Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo, P. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(12), 1650-1655.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Rineka Cipta
Sari, Y., Muncarno, M., & Sudirman, A. (2017). Hubungan antara Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi, 5(9).
Slavin, R.E. 2009. Psikologi pendidikan teori dan praktik, edisi kedelapan Jilid kedua. (Terjemahan Marianto Samosir). Jakarta: PT Index (Buku asli diterbitkan tahun 2006).
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, muhibbin. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tu’us, Tulus.(2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa.Jakarta: PT Grasindo
Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional. (2009). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 20, 147–173.
Refbacks
- There are currently no refbacks.