KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PASSING ATAS BOLA VOLI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GEMBONG

adhi danardana

Abstract


Materi bola voli merupakan salah satu materi untuk pembelajaran olahraga dan olahraga sehat.Kemampuan guru dalam memilih mode pembelajaran yang tepat sangat menentukan hasil pembelajaran bola voli. Permasalahan dari riset ini ialah kemampuan siswa dalam bertanding bola voli masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model STAD terhadap keterampilan passing pada permainan bola voli SMP Negeri 1 Gembong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Ukur gejala yang diamati dan ubah menjadi angka. Jenis penelitian ini adalah melakukan pemilihan sampel kuasi eksperimental dalam desain kelompok kontrol Pretest-Posstest, kemudian melakukan pre-test untuk menentukan keadaan awal.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian control group pre-test-post-test. Populasi penelitian berjumlah 23 siswa dan dipilih sebagai sampel sebanyak 12 siswa untuk satu kelas. Mengumpulkan data hasil belajar melalui pre-test dan post-test. Nilai rata-rata yang diperoleh pada data pre-test adalah 2123. Rata-rata hasil post-test adalah 2.015. Untuk menentukan apakah data berdistribusi normal, analisis data dilakukan dalam uji berpasangan sebelum dan sesudah pengujian. Oleh karena itu, analisis data hasil deskripsi pre-test dan post-test dampak model pembelajaran STAD terhadap keterampilan passing tinggi dalam pertandingan bola voli semakin meningkat.

Oleh karena itu, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Model pembelajaran Divisi Prestasi Beregu Siswa (STAD) efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi passing bola voli VIII SMP Negeri 1 Gembong.

Kata kunci :Keywords: volleyball learning, Upper Passing, STAD type (Student Team- Achievement Devision)

 

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Nuril. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Solo: Era Pustaka Utama.

Almeida, Soares, 2003, Nutritional and Antropometric Profile of Adolescent Volleyball Athletes, Rev Bras Med Esporete, Vol 9. No 4, halaman 198-203

Amnah. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XI B Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Banjarmasin. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan. 15(1) 11-21.

Arifin, Zainal. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda.

Arikunto, Suharsimi. (2007). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

_______. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Beutelstahl, Dieter. (2008). Belajar Bermain Bola Volley. Bandung: CV Pionir Jaya.

Budayasa, I Made Ananta, Budhiarta, I Made Danu, & Lestari, Ni Made Sri Dewi. (2014). “Implementasi Pembelajaran Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli”. e-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 1.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Garir-garis Besar Program Pengajaran Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Dirjen PDM.

Faozi, Faiz, Sanusi, Hasan, & Listiandi, Arfin Deri. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Di SMA Islam Al-Fardiyatussa’adah Citepus Palabuhanratu”. Physical Activity Journal. 1 (1) 51-60.

Fitri, Hazal. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bola Voli Di Kelas VII SMPN 1 Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar. e-Journal STKIP Bina Bangsa Getsempena. 4(1) 85-94.

Gaurav, Singh, Singh, 2010, Antropholometric characteristics, Somatotyping and Body Chompositionoff Volleyball and Basketball of Physical Education and Sprot management, vol 1. No 3, halaman 28-32

Hartanto, Agung Budi & Kristiyandaru, Advendi. (2014) “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Voli Melalui Metode Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas V-A SDN Bangah Gedangan Sidoarjo”. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 2 (3) 758-760.

Irfandi. (2015). Pengembangan Model Latian Sepak Bola dan Bola Voli. Yogyakarta: PT Deepublish.

Isjoni. (2009). Cooperative Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Bandung : Alfabeta.

Kartika, I Komang, Kanca, I Nyoman, & Semarayasa, I Ketut. (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Voli”. e-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 1.

Lacy, Alan C. (2011). Measurment & Evaluation in Physical Education and. Exercise Science. San Francisco: Pearson Education, Inc.

Maksum, 2009, Konstruksi nilai melalui Pendidikan Olahraga. Cakrawala Pendidikan No.1.XXXVIII. Halaman 25-34

Mulyanto, R. (2014). Belajardan Pembelajaran Penjas. Bandung: UPI PRESS.

Paturusi, Achmad. (2012). Managemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.

Prihantoro, Tri, dkk. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif STAD Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. e-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha. 5(2).

Rohendi, Aep dan Suwandar, Etor. (2018). Metode Latihan dan Pembelajaran Bola Voli Untuk Umum. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Saputra, I Wayan Raka, Rai, I Wayan, & Lesmana, Kadek Yogi Parta. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bawah Bola Voli”. e-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha. 8 (2).

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sofino dan Junaidi. (2010). Bahan Ajar Pengembangan Model-model Pembelajaran Bola Voli : Kombinasi Teknik Lanjutan. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.

Somantri, H. dan Sujana, A. (2009). Permainan Net. Bandung: PGSD Penjas UPI Kampus Sumedang

Suharno HP. (1999). Metodologi Pelatihan. Jakarta: KONI Pusat, Pusat Pendidikan dan Penataran.

Sudijono, Anas. (2003). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D . Bandung: Alfabeta.

Sukiyadi, Didi, dkk. (2006). Kurikulum & Pembelajaran. Bandung: UPI Press.

Suprijono, Agus. (2014). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohendi, & Suwandar, A. (2017). Metode latihan dan pembelajaran bola voli untuk umum. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. IKAPI: Bandung.

Tiangga, I Nengah. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Siswa Kelas XI PKM SMKN 1 Gerung. Journal Sport Science, Health and Tourism of Mandalika (Jontak). 1(1) 16-24.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

_______. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Tukiran, Taniredja, dkk. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Wahyuna, I Nyoman Gede Oka, dkk. (2016). Implementasi Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. e-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha. 1.

Wena, Made. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara

Yudha, Husdata Saputra (2010). Belajar dan pembealajaran Penjaskes. Bandung Barat: CV Dewa Ruchi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.