Pengaruh My Gymnastic pada Pembelajaran Senam Lantai Terhadap Hasil Belajar Aspek Kognitif di Masa Pandemi Covid 19
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh media belajar My Gymnastic pada pembelajaran senam lantai terhadap hasil belajar pada aspek kognitif di masa pandemi covid 19 di smp negeri 3 boja. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One-Shot Case Stady. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 3 Boja tahun ajaran 2020/ 2021. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan mengambil satu kelas pada populasi kelas VII yaitu kelas VII B sebagai Eksperimen. Hasil penelitian senam lantai berbasis aplikasi android di SMP Negeri 3 Boja dengan sampel kelas VII terdapat peningkatan aspek kognitif dikarenakan siswa antusias saat mengikuti pembelajaran menggunakan aplikasi my gymnastic. Terdapat peningkatan hasil belajar aspek kognitif senam lantai pada pembelajaran berbasis aplikasi android sebesar 18,44%. Berdasarkan data presentase peningkatan hasil belajar aspek kognitif pada model pembelajaran senam lantai berbasis aplikasi android sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwasanya pembelajaran senam lantai berbasis aplikasi android lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional.
Full Text:
PDFReferences
Astuti, C. C., Sari, H. M. K., & Azizah, N. L. (2019). Perbandingan efektifitas proses pembelajaran menggunakan metode e-learning dan konvensional. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 35–40.
Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 880–989.
Bangun, S. Y., & Fitriyani, S. (2018). Peningkatan hasil belajar guling belakang senam lantai melalui gaya mengajar latihan Pada pelajar SMA. Journal Physical Education, Health and Recreation, 3(1), 1–11.
Fauzi, M. A., & Sudarso. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Bidang Miring Terhadap Hasil Belajar Guling Belakang Dan Tingkat Kecemasan (Studi Pada Siswa Kelas X SMAN 7 Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(2), 179–182.
Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi untuk hasil pembelajaran senam lantai. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 137–145.
Khairunnisa, K. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Olahraga Bola Basket Menggunakan Adobe Flash. Query: Journal of Information Systems, 3(1).
Kustandi, C., Ibrahim, N., & Sadek, A. (2019). Pendampingan Mengembangkan RPP Berbasis Tematik untuk Guru SD Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor Jawa Barat. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 9(1), 1–13.
Nugraheni, W. (2019). Meningkatkan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Senam Lantai Melalui Permainan Pada Siswa Kelas X IPA 1 SMAN 4 Kota Sukabumi. Jendela Olahraga, 4(2), 63–69.
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165.
Saputra, I. (2015). Modifikasi media pembelajaran pendidikan jasmani sekolah dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 14(2), 35–41.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Alfabeta.
Susanto, N. (2020). Pengaruh Virus Covid 19 Terhadap Bidang Olahraga di Indonesia. Jurnal Stamina, 3(3), 145–153.
Titting, F., Hidayah, T., & Pramono, H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di SMA. Journal of Physical Education and Sports, 5(2), 120–126.
Yudaparmita, G. N. A. (2020). Identifikasi Kesulitan Belajar Senam Lantai Guling Belakang pada Mahasiswa PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 38–46.
Refbacks
- There are currently no refbacks.