Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Minat Belajar dan Persepsi Pembelajaran Daring terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kendal
Abstract
Judul penelitian adalah “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Minat Belajar serta Persepsi Pembalajaran Daring terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negri 2 Kendal”. Riset ini ialah riset asosiatif kausal bertujuan buat mengenali terdapat serta tidaknya pengaruh ikatan antara variabel terhadap variabel. Pengumpulan sumber informasi yang digunakan dalam riset ini ialah sumber informasi primer serta sumber informasi sekunder. Sumber informasi primer diperoleh memakai instrumen angket sebaliknya sumber informasi sekunder diperoleh dari dokumentasi. Metode pengumpulan ilustrasi memakai sampling jenuh. Populasi serta ilustrasi dalam riset ini berjumlah 169 siswa. Analisis metode informasi yang digunakan yakni regresi berganda. Hasil riset informasi bisa dikenal kalau: 1) terdapat pengaruh secara parsial yang positif serta signifikansi Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Minat Belajar serta Persepsi Pembelajaran Daring terhadap Prestasi Belajar (Fhitung 17.284 > Ftabel 2,65); 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap prestasi belajar (thitung 5.146 > ttabel 1, 974); 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar 2.779 > ttabel 1, 974); 4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi persepsi pembelajaran daring terhadap prestasi belajar (thitung 2.917 < ttabel 1, 974)
Full Text:
PDFReferences
Chotimah, Lilis Nur, Hety Mustika Ani, and Joko Widodo. 2017.“ Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi.” 11: 120–25.
Chotimah, L. N., Ani, H. Meter.,& Widodo, J.( 2017). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa( Penelitian permasalahan siswa kelas VIII SMP Negara 1 Jember tahun ajaran 2016/ 2017). Harian Pembelajaran Ekonomi: Harian Ilmiah Ilmu Pembelajaran, Ilmu Ekonomi serta Ilmu Sosial, 11( 1), 75- 80.
Elizabeth Hurlock (dalam Susanto, 2013: 62). 2009.“ Landasan Teori Atensi Belajar.” Minal Belajar 2(1): 7–27.
Islamiah. 2014.“ Pengaruh Atensi Belajar Siswa Terhadap Prestasi.” 01(02): 451–57.
Jamil, Syarifah Hikmah, and Invony Dwi Aprilisanda. 2020.“ Pengaruh Pendidikan Daring Terhadap Atensi Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid- 19.” Behavioral Accounting Journal 3(1): 37–46.
Khusna, A., Dyana, N. P.,& Arif, L.( 2020). Anggapan Siswa Terhadap Sistem Pendidikan Daring Di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Prosiding Konferensi Nasional Administrasi Negeri Sinagara 2020.
Kurniawati, L., Nurrochmah, S.,& Katmawanti, S.( 2017). Ikatan antara tingkatan pembelajaran, status pekerjaan serta tingkatan pemasukan dengan umur pernikahan awal perempuan di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. PREVENTIA, 2(1).
Meidawati, Sobron A. N, Bayu, Rani,. 2019.“ Anggapan Siswa Dalam Penelitian Pengaruh Daring Learning Terhadap Atensi Belajar Ipa.” Scaffolding: Harian Pembelajaran Islam serta Multikulturalisme 1(2): 30–38.
Bagi Soekanto( 2007: 210). 2018. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Serta Motivasi Belajar Terhadap Atensi Melanjutkan Penelitian Ke Akademi Besar Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Bantul.
Refbacks
- There are currently no refbacks.