Persepsi Siswa SMK Islamiyah Adiwerna Terhadap Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Penjas

Arief Baharudin Yusuf

Abstract


Penelitian ini disebabkan adanya pendemi covid-19, dengan dilatar belakangi  tentang pembelajaran daring pada mata pelajaran penjas, rumusan masalahnya yaitu bagaimana persepsi siswa SMK Islamiyah Adiwerna  terhadap pembelajaran daring ditengah pandemi covid-19 pada mata pelajaran penjas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa SMK Islamiyah Adiwerna tentang pembelajaran daring pada mata pelajaran penjas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dengan menggunakan google form dan teknik analisis data menggunakan persentase statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.150 siswa SMK Islamiyah Adiwerna dengan menggunakan teknik proporsional random sampling sehingga penentuan jumlah sampel 20% dari jumlah total siswa ini berjumlah 228 siswa SMK Islamiyah Adiwerna. Validitas sebesar 0,489 dan reliabilitas sebesar 0,799 maka instrumen dalam penelitian ini dinyatakan reliabel. Hasil  penelitian  persepsi  siswa pada tiga angkatan terhadap  pembelajaran  daring dalam  mata  pelajaran  penjas pada  masa pandemi covid-19  di SMK Islamiya Adiwerna tahun 2021 masuk dalam kategori sangat setuju persentase  6,58%  atau 15 siswa, kategori setuju persentase  20,18%  atau 46 siswa,  kategori biasa saja  persentase 42,54%  atau 97 siswa, kategori  tidak setuju  persentase  24,12%  atau  55  siswa,  dan  kategori sangat tidak setuju persentase  6,58%  atau  15  siswa.  Hasil tersebut diartikan sebagian persepsi siswa terhadap pembelajaran daring dalam mata pelajaran penjas pada pandemi covid-19 tahun 2021  dinyatakan sedang


Full Text:

PDF

References


Undang Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sikdiknas Pasal 1 Ayat 20

Syarifudin, S.A. (2020). “Implementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya sosial distancing”. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. 1 (5) 1-4

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51-58.

Samsudi. (2009). Disain penelitian pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press

Permendikbud nomor 65 tahun 2014 tentang standar model pembelajaran,

Jalaluddin, Rakhmat. 2015. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.