PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS 12 IPS DI SMA N 1 SINGOROJO KABUPATEN KENDAL
Abstract
Judul penelitian ini adalah “Partisipasi Siswa pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ekonomi Kelas 12 IPS di SMA N 1 Singorojo Kabupaten Kendal”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif bertujuan mendeskripsikan partisipasi siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi kelas 12 IPS di SMA N 1 Singorojo. Pembahasan hasil penelitian ini berpedoman pada teori cara belajar siswa aktif dalam prose belajar mengajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan subjek Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik, analisis data mengguakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian partisipasi siswa pada pembelajaran daring di kelas 12 IPS di SMA N 1 Singorojo masuk Kategori cukup dikarenakan indikator kehadiran, mencari informasi dan merefleksi diri siswa tercapai, diri sedangkan aspek yang tidak tercapai adalah pengumpulan tugas, tanya jawab serta diskusi.
Kata kunci: Partisipasi Siswa, Pembelajaran Daring
Full Text:
PDFReferences
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Baskarayudha, M. A. S., Alfiyah, B., Setiawan, S., & Afandi, T. Y. (2020). Pengaruh E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Mahasiswa Tingkat Dua Pendidikan Ekonomi UN PGRI Kediri Selama Masa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntasi, September, 374–378. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/275
Dr. SKM, Sandu Siyoto, M. K., & Ali, M. A. S. M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes M. Ali Sodik, M.A. 1. Dasar Metodologi Penelitian, 1–109.
Hamdu, G. dan L. A. (2011). BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR ( Studi Kasus terhadap Siswa Kelas ... Jurnal Penelitian Pendidikan.
Naziaha, S. T., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 109–120.
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645
Pembelajaran, B. (n.d.). BELAJAR dan PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF.
Purbawati, C., Rahmawati, L. E., Hidayah, L. N., & Wardani, L. S. P. (2020). Tingkat Partisipasi Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 102–108. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4919
Savira dkk. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) Dengan Prokrastnasi Akademik Pada Siswa Akselerasi. 01(01), 66–75.
Sudjana, N. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Refbacks
- There are currently no refbacks.