SURVEI MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS X SMK LPI SEMARANG

Fatwa Kautsar Haqi

Abstract


Pandemi covid 19 yang menyerang diseluruh dunia termasuk Indonesia sangat berdampak pada kegiatan belajar mengajar termasuk pada mata pelajaran pendidikan jasmani salah satunya. Pembelajaran olahraga yang biasa dilakukan secara teori dan praktik kini mulai dialihkan secara daring (dalam jaringan). Masalah tersebut menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini yang akan melihat bagaimana minat siswa terhadap Pendidikan Jasmani di masa pandemi covid-19. Hasil survei pembelajaran secara daring yang di lakukan oleh siswa terdapat beberapa permasalahan selama covid-19 diantaranya pengoperasian aplikasi Google Classroom terkadang  terhambat dikarenakan keterbatasan kuota internet dan sinyal yang mengakibatkan file tugas dan video aktivitas olahraga yang diberikan siswa terkadang terlambat, sebagian besar siswa tidak memiliki handphone sehingga pembelajaran kurang optimal. Tujuan penelian ini untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di masa pandemi covid-19 di SMK LPI Semarang. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar survey. Teknik pengambilan data dan skor diperoleh menggunakan angket. Uji keabsahan data menggunakan validitas dan reabilitas instrument. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat kategori sedang dengan frekuensi terbanyak yaitu 26 siswa atau 47,3% yang menyatakan bahwa adanya minat siswa belajar pendidikan jasmani dalam masa pandemi virus corona yang sedang terjadi

Full Text:

PDF

References


Ardiyanto, Tedy. (2016). Minat Siswa Kelas IV dan V dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD N Sendangharjo Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak diterbitkan

Dikdas, GTK (2020) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan penyederhanaan kurikulum selama masa pandemi Covid-19. Di ambil dari : https://pgdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/kemendikbud-sederhanakan-kurikulum-pada-satuan-pendidikan-selama-masa-pandemi

Rauf, Abdul. (2019). Survei Minat Siswa Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan olahragadi MAN 1 Makassar. Diambil dari : http://eprints.unm.ac.id/15072/1/JURNAL.pdf

Saefuloh, Asep. (2020). Pendidikan jasmani di masa pandemi. Diambil dari: https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/penjas-dimasa-pandemi

Wulandari, N.A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap pelaksanaan pendidikan di indonesia. Diambil dari : https://pustakabergerak.id/artikel/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-pelaksanaan-pendidikan-di-indonesia-2

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmih Kependidikan. 1 (7) 17-23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.