Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Produk terhadap Kepuasan Konsumen Berbelanja di Upmart Universitas PGRI Semarang
Abstract
Endah Rismayanti “Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Produk terhadap Kepuasan Konsumen Berbelanja di Upmart Universitas PGRI Semarang”, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang, 2021. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di Upmart Universitas PGRI Semarang yang menyatakan bahwa kurang bervariasi produk yang disediakan, karyawan yang kurang ramah, harga yang kurang bersahabat, serta volume penjualan menurun Kepuasan yaitu respon.seseorang yang dirasakan ketika menerima produk atau jasa yang ditawarkan, kemudian harapannya telah terpenuhi atau terlampaui. Tujuan. penelitian untuk mengatahui pengaruh variasi produk, kualitas pelayanan, dan harga produk secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen berbelanja di Upmart Universitas PGRI Semarang. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data.menggunakan metode kuesioner atau angket. Populasinya adalah konsumen Upmart Universitas PGRI Semarang, sedangkan sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden, kemudian diolah dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif variasi produk, kualitas pelayanan, dan harga produk terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen.
Full Text:
PDFReferences
Kotler, P. & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kadrie, N. A. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Sakinah Supermarket Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 7 No.12 Desember, 1-17.
Soliha, E. (2008). Analisis Industri Ritel di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol.15 No.2 September , 128-142.
Styani, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Klinik Assalam Beauty Care Kaliwungu Kendal.
Suwito, A. R. ( 2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Image, dan Variasi Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Koperasi Kareb Bojonegoro. Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik Vol. 1 No.1 Januari-Maret, 110-123.
Yanuar, M. M. (2017). Dampak Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Optik Marlin Cabang Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol.3 No.1 Juni , 61-80.
Refbacks
- There are currently no refbacks.