ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRY KERIPIK SINGKONG DI DESA PONDOWAN PATI
Abstract
Sylfia Faiqotur Roikhah “Analisis Strategi Pengembangan Usaha Home Industry Keripik Singkong di Desa Pondowan Pati” Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2021. Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya omzet penjualan, pengurangan pegawai secara besar-besaran dan munculnya pesaing baru. Maka dengan adanya permasalahan ini mengharuskan pengusaha untuk mengembangkan usahanya agar dikenal secara luas oleh masyarakat. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, bagaimana strategi penetapan harga dalam pengembangan home industry usaha keripik singkong? dan bagaimana strategi promosi dalam pengembangan home industry usaha keripik singkong?. Tujuan pada penelitian ini yaitu menjelaskan bagaimana strategi penetapan harga dalam pengembangan home industry usaha keripik singkong dan bagaimana strategi promosi dalam pengembangan home industry usaha keripik singkong. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, peneliti melakukan kegiatan menemukan dan memahami apa yang tersembunyi dibalik fenomena yang telah terjadi berdasarkan fakta yang dilakukan sejak awal sampai akhir penelitian. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa Strategi penetapan harga dalam pengembangan usaha home industry keripik singkong dalam mempertahankan usaha dan meningkatkan pendapatan pemilik usaha home industry kerpik singkong dilakukan melalui Implementasi rencana usaha yang sudah dibuat oleh pemilik usaha yang akan menjadi panduan dan tujuan dalam pelaksanaan yang dilakukan oleh pemilik usaha berdampak positif. Strategi promosi dalam pengembangan usaha home industry keripik singkong yang dilakukan oleh pemilik usaha untuk mempertahankan usaha dan meningkatkan pendapatan pemilik usaha home industry kerpik singkong dilakukan melalui periklanan, penjualan perseorangan seperti kemampuan komunikasi, kreativitas dan pengetahuan produk.Strategi pengembangan penetapan harga melalui analisis SWOT yang dilakukan oleh usaha home industry keripik singkong adalah menetapkan harga yang terjangkau sesuai dengan keinginan konsumen,dengan memperhatikan harga jual dari para pesaing. Sedangkan Strategi pengembangan promosi yang dilakukan oleh usaha home industry keripik singkong adalah membangun merek yang mudah dikenal oleh masyarakat dengan memasang spanduk maupun baliho di tempat usaha dan menyebarkan info produk melalui mulut kemulut.
Kata kunci: Pengambangan, strategi penetapan harga, strategi promosi, analisis SWOT
Full Text:
PDFReferences
Agustina, K. (2020). Analisis Pengembangan Home Industry Kerupuk Tempe Di Desa Kubu Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen (Studi Kasus Usaha Bapak Mulyadi). Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi Vol VIII, No. 1 ISSN:2354-6719.
Al-Sharif, B. M. (2017). The Effect of Promotion Strategy in the Jordanian Islamic Banks on a Number of Customers . International Journal of Economics and Finance; Vol. 9,No. 2 ISSN 1916-971X E-ISSN 1916-9728.
BPS. (2014). Pengolahan Hasil Pertanian. Kementan. Jakarta: Departemen Pertanian.
Delmayuni, H. M. (2017). Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Pangan Di Palembang. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 11(N01), 97–122. .
Etana, N. G. (2020). Pricing Strategies of Ambo Mineral Water from Producer and Sellers Perspectives’ . International Journal of Marketing Research Innovation; Vol. 4, No. 1; 2020.
Febriyanti, A. (2021). Penerapan Analisis SWOT Strategi Promosi Objek Wisata Belanja Griya Kain Tuan Kentang . Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, Vol. 1 No. 3 ISSN 2746-4210 (Print) ISSN 2746-4229 (Online) .
Frinces, Z. H. (2011). Be An Entrepreneur (Jadilah Seorang Wirausaha) Kajian Strategis Pengembangan Kewirausahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Jufriyanto, M. (2020). Strategi Peningkatan Daya Saing dan Pengembangan Usaha Kerupuk Ikan Tuna Hj. Zainah dengan Analytic Network Process . Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 17, No. 2, pp.65 - 72 ISSN 24070903 print/ISSN 2721-2041 online .
Keller, K. &. (2008 ). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. &. (2014). Principle Of Marketing, 15th edition. Pearson Pretice Hall, Inc : Edition New Jersey.
Kurniawan, M. (2017). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Minuman Sari Buah Sirsak. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri Volume 6 No 2: 97-102 ISSN 2252-7877 (Print) ISSN 2549-3892 (Online).
Mariah. (2015). Strategi pengembangan usaha Kecil Menengah (UKM) Pada Usaha Usaha Pisang Ijo Di Kota Makassar.
Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, Volume 22 Nomor 2.
Marpaung, F. K. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe . Jurnal Manajemen Volume 7 Nomor 1.
Murdifin haming, m. n. (2011). Manajemen produksi modern operasi manufaktur dan jasa. Jakata: Bumi aksara.
Norkholes, A. (2021). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Jamur Tiram Di Kelurahan Beringin Jaya Kecamatan Sentajo Raya . Jurnal Green Swarnadwipa ISSN : 2715-2685 (Online) ISSN : 2252-861x (Print) Vol. 10 No. 1.
Rias Tuti dan S, P. F. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman UMKM Dalam Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP. Jurnal ISSN, No. 1978-6522.
Sugiyono. ((2017)). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta.
Umar, H. (2010). Riset pemasaran dan bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Utami, A. A. (2019). Analisis Strategi Penetapan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Ojek Online Pt Go-Jek Indonesia . Journal of Applied Business and Economics (JABE) Vol. 6 No. 2.
Widiastutik, M. (2019). Usaha Kripik Singkong Untuk Meningkatkan Ekonomi Pengusaha Dalam Prespektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Desa Tenggiring Kecamatan Sambeng). Skripsi.
Zulkarnaen, W. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Terhadap Rema Laundry Dan Simply Fresh Laundry Di Jalan Cikutra Bandung) . Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi VOL. 2 NO. 1 2018 ISSN: 2541-5255 .
Refbacks
- There are currently no refbacks.