Analisis Aplikasi Media Microsoft Teams Dalam Meningkatkan Digital Literacy Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ekonomi SMA N 1 Bandar

Aminatun Siska Anggiana, Endang Wuryandini, Aryan Eka Prastya Nugraha

Abstract


Aminatun Siska Anggiana “Analisis Aplikasi Media Microsoft Teams Dalam Meningkatkan Digital Literacy Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ekonomi SMA N 1 Bandar”, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2021. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi covid-19 yang berdapak pada semua sektor kehidupan, tak terkecuali pada sektor pendidikan. Maka dengan adanya permasalahan ini mengharuskan peserta didik untuk belajar di rumah menggunakan metode daring. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu bagaimana peningkatan digital literacy dalam pemanfaatan aplikasi media Microsoft Teams pada pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi SMA N 1 Bandar?. Tujuan pada penelitian ini, yaitu menjelaskan peningkatan digital literacy dalam pemanfaatan aplikasi media Microsoft Teams pada pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi SMA N 1 Bandar. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, peneliti melakukan kegiatan menemukan dan memahami apa yang tersembunyi dibalik fenomena yang terjadi berdasarkan fakta yang dilakukan sejak awal sampai akhir penelitian. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa media pembelajaran yang digunakan guru mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Bandar pada saat pembelajaran daring yaitu media microsoft team, yang dapat memudahkan kinerja guru dalam memberikan materi pada peserta didik. Simpulan pada penelitian ini yaitu media pembelajaran yang digunakan adalah Microsft Teams. Analisis Technology Knowledge (TK) pada guru termasuk kategori kurang baik, dikarenakan guru belum bisa menguasai aplikasi media Microsoft Teams, Sedangkan bagi peserta didik termasuk kategori baik dikarenakan peserta didik dapat beradaptasi dengan aplikasi media Microsoft Teams. Analisis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) yaitu penggunaan aplikasi media Microsoft teams ini lebih memudahkan kinerja guru.

 

 Kata kunci: Microsoft Teams, Digital Literacy, Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aldi Dwi Saputra1 & Kundharu Saddhono. 2021. Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Microsoft Office Team 365 untuk SMA di Masa Pandemi. LINGUA. Vol. 18. No. 1.

Astuti, M & Solikhah, I. 2020. Teacher Perception in Teaching English for SMP in

Klaten Regency During Covid-19 Outbreak. IJOTL-TL: Indonesian Journal of Language Teaching and Linguistics. Vol 6. No. 1.

Astuti, P., & Febrian, F. 2019. Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang. Vol. 4. No. 2.

Chai, C.S, Koh, J.H.L, & Tsai, C.C. 2013. A Review of Technological Pedagogical

Content Knowledge. Educational Technology & Society. Vol. 16 . No. 2.

Kemendikbud. 2020. Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (covid- 19). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2020. Pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020, 1–20.

Keskin, N, O., Ozata, F, Z., dan Banar, K. 2015. Examining Digital Literacy Competences and Learning Habits of Open and Distance Learners. Contemporary Educational Technology. Vol. 6. No. 1.

Lin, C.C. et al. 2015. Faculty’s perceived integration of emerging technologies and

pedagogical knowledge in the instructional setting. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 176: 854 – 860

Martin, A. 2005. DigEuLit a European Framework for Digital Literacy: a Progress Report. Journal of Eliteracy. Vol. 2.

Martin, A. (2006). A European framework for digital literacy. Nordic Journal of Digital Literacy. Vol. 2. No. 1).

Martin, L., & Tapp, D. 2019. Teaching with Teams: An introduction to teaching an undergraduate law module using Microsoft Teams. Journal Innovative Practice in Higher Education Taffordshire University. Vol. 3.

McLoughlin. C. 2011. What ICT-related skills and capabilities should be considered central to the definition of digital literacy? In T. Bastiaens and M. Ebner (Eds.), Proceedings of World Conference on Educational Multimedia, Hypermedia and Telecommunications. Chesapeake.

Rachman, D., Sunarti & Arbain. 2019. The Effect of E-learning Based Schoology on the Learning Outcomes in Nursing Program. IJOTL-TL: Indonesian Journal of Language Teaching and Linguistics. Vol. 4. No. 3.

Saddhono, K., Sudarsana, K., & Iskandar, A. 2018. Implementation of Indonesian Language the learning Based on Information and Communication Technology in Improving Senior High School Students’ Achievement in Surakarta. In 1st UPY International Conference on Applied Science and Education. Yogyakarta: IOPScience.

Santoso, A., dan Lestari, S. 2019. The Roles of Technology Literacy and Technology Integration to Improve Students’ Teaching Competencies. KnE Social Sciences. Vol. 3. No. 11.

Shopova, T. 2014. Digital literacy of students and its improvement at the university. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science. Vol. 7. No. 2).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Ting, Y. L. 2015. Tapping into students’ digital literacy and designing negotiated learning to promote learner autonomy. Internet and Higher Education. Vol. 26.

Tim Office 365. 2020. Menggunakan Microsoft Teams untuk Kelas Online (Remote Learning).

Widiyono, Rochimansyah, A., Aryanto, Setyowati, H., & Saddhono, K. 2019. Media Based on Technology to Study Spoken Javanese Politeness In ICSTEEM 2019 and 3rd Grostlog 2019. Jakarta: IOPScience.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.