Pengaruh E-learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 1 Sukorejo di Kabupaten Kendal
Abstract
Judul penelitian-adalah “Pengaruh E-learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukorejo di Kabupaten Kendal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang. 2021. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan saat Praktik Magang 3 dalam proses belajar mengajar pada siswa mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukorejo, hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi masih belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai beberapa siswa yang masih di bawah KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Permasalahan ini cenderung dipengaruhi oleh adanya faktor penyebab yaitu kurangnya siswa dalam memanfaatkan e-learning, selain itu juga terdapat beberapa siswa yang belum termovasi dalam mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari masih adanya beberapa siswa yang terlihat kurang semangat dan cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara e-learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh menggunakan instrumen angket dan data sekunder diperoleh dari dokumentasi nilai rapor akhir siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukorejo dengan jumlah 104 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode sensus atau sampel jenuh yang mana sampel berjumlah 104 anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS, dengan melakukan uji asumsi klasik, uji regresi liniear berganda, uji t dan uji f. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa e-learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, dan motivasi belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Selain itu e-learning dan motivasi belajar secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar.Full Text:
PDFReferences
Aryaningrum, K. (2016). Pengaruh-Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Plajaran Geografi Kelas XI di SMA Negeri 9 Palembang. Media Penelitian Pendidikan, 10(2): 154-162.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
A'yun, Q., Sujiwo, D. A., & Hadiyatullah, A. W. (2019). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Mahasiswa Teknik Informatika. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia, 4(1): 27-34.
Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
_____________ (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fanny, A. M. (2019). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Konsep IPS Lanjut. Jurnal Inventa, 3(1): 130-135.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.
Hamalik, O. (2007). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.
Hanum, F., Slamet, L., & Sriwahyuni, T. (2015). Kontribusi Minat Belajar dan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Air Putih Kabupaten Batubara Sumatera Utara. Jurnal Vikasional Teknik Elektronika dan Informatika, 3(1): 75-87.
Ni Nyoman Parwati, d. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Novianti, C., Sadipun, B., & balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasi Belajar Matematika Peserta Didik. SPEJ (Science and Phsics Education journal), 3(2): 57-75.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmatia, M., Monawati, & Darnius, S. (2017). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unisyiah, 2(1): 212-227.
S, R. D., Hendrayana, A. S., Erisyani, E., & Setiana, d. N. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S1 PGSD Masukan Sarjana di UPBJJ UT Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2): 163-177.
Saputra, K. Y. (2015). Pengaruh Proses Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Maulaya Pegayaman. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1).
Slameto. (2011). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sobandi, R. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VII MTS Negeri 1 Pangandaran. Jurnal Diksatrasia, 1(2): 306-310.
Soekartawi. (2007). Merancang dan Menyelenggarakan e-Learning. Magelang: Penerbit Ardana Media.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
________ (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Uno, H. B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wati, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2): 177-185
Refbacks
- There are currently no refbacks.