ANALISIS MOTIVASI DAN TINGKAT AKTIVITAS FISIK BERSEPEDA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN BREBES
Abstract
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui motivasi masyarakat melakukan aktivitas fisik bersepeda di masa pandemi covid-19 dan Untuk mengetahui tingkat aktivitas fisik bersepeda dimasa pandemi covid-19 masyarakat di kabupaten Brebes 2021. Metode Penelitian ini yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat dikabupaten Brebes yang sedang melakukan aktivitas bersepeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh hasil motivasi bersepeda masyarakat kabupaten Brebes selama masa pandemi Covid-19 bahwa dari 100 masyarakat kabupaten Brebes sebagian besar memiliki tingkat motivasi sedang dengan skor antara 43 sampai 47, dan hasil distribusi gambaran aktivitas fisik masyarakat kabupaten Brebes selama masa pandemi Covid-19 menurut kategori berdasarkan IPAQ (internasional physical activity questionere) menujukkan jumlah responden yang memiliki tingkat aktivitas fisik sedang sebanyak 49 orang (49%) dan yang memiliki tingkat aktivitas fisik tinggi sebanyak 51 orang (51%). Oleh karena itu, mayoritas masyarakat kabupaten Brebes selama pandemi Covid-19 melakukan aktivitas fisik yang tinggi. Simpulan yang diperoleh adalah Tingkat motivasi bersepeda masyarakat kabupaten Brebes selama masa pandemi Covid-19 menunjukkan hasil bahwa mayoritas tinggkat motivasi bersepeda termasuk dalam kategori sedang dengan besar persentase 33%, dan Aktivitas fisik bersepeda masyarakat kabupaten Brebes berdasarkan IPAQ (internasional physical activity questionere) menunjukkan hasil bahwa mayoritas tingkat aktivitas fisik bersepeda termasuk dalam kategori tinggi dengan besar persentase 51%.Saran yang harus dilakukan yaitu Masyarakat selalu menjaga kesehatan bukan hanya aktivitas diluar rumah tetapi ketika dirumah,menjaga kebersihan diri sendiri maupun kebersihan rumah dan makan-makanan yang bergizi sangat penting untuk menjaga imun tubuh di masa pandemi Covid-19.
Full Text:
PDFReferences
Affari, L. (2011). Dampak aktivitas bersepeda terhadap kesehatan mental emosional: Studi kasus pada komunitas pekerja bersepeda bike to work Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Candra, A. (2016). Pembinaan Prestasi Di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP). Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 47-52.
Cathleen Andrea Indrawan, B. R. (2013). Perancangan Kampanye Sosial Tentang Penggunaan Lajur Bersepeda Di Kota Surabaya. Jurnal DKV adiwarna, 1(2), 13.
Chris carmichael, dkk. (2003). Bugar Dengan Bersepeda (2 ed.). (i. hajar, Penerj.) jakarta.
Fatmawati, M. & Hasanah,A. (2017). Pengaruh olahraga brsepeda dalam menurunkan derajat dismenore pada mahasiswi fakultas kedokteran universitas muhammadiyah malang. jurnal ilmu kesehatan dan kedokteran keluarga, 9(1), 12-18.
Faizal Bahri, dkk. (2019). Survei Manajemen Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga PABSI dan PASI di Koni Kota Kediri. Jurnal Prestasi Olahraga, 3(1).
Fitri Utami, W. (2014). Analisis pembinaan atlet kelas remaja cabang olahraga pencak silat di kelas olahraga smp negeri 1 suboh kabupaten situbondo. Jurnal Kesehatan Olahraga, 2(1).
Haerudin, A. (2014). Motivasi Olahraga Bersepeda Masyarakat Kota Bandung: Studi Komparasi Aktivitas Bersepeda di Car Free Day Jalan Dago, Merdeka, dan Buah Batu (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Liani,indri.2018.”pengaruh latihan merangkak terhadap peningkatan kekuatan otot lengan atlet yunior bola voli yuso yogyakarta”.[skripsi].fakultas ilmu keolahragaan.Pendidikan Kepelatihan Olahraga.universitas negeri yogyakarta.Yogyakarta.
Liando, L. E., Amisi, M. D., & Sanggelorang, Y. (2021). GAMBARAN AKTIVITAS FISIK MAHASISWA SEMESTER IV FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNSRAT SAAT PEMBATASAN SOSIAL MASA PANDEMI COVID-19. KESMAS, 10(1)
Gilang Okta Prativi, S. S. (2013). Pengaruh Aktivitas Olahraga Terhadap Kebugaran. Journal of Sport Sciences and Fitness, 2(3).
pujiastuti, i. (2010). Prinsip Penulisan Kuesioner penelitian. jurnal agribisnis dan pengembangan wilayah, 2(1), 43-56.
Muhammad Iqbal Arys Agustavian, S. C. (2013). Perbedaan Bersepeda dan Jalan Kaki Ke Sekolah TerhadapTingkat Kebugaran Jasmani Siswa (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sempu Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(1).
Muskanan, K. (2015). Analisis Motivasi Berprestasi Atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik, 19(2), 105-113. Muskanan, K. (2015). Analisis Motivasi Berprestasi Atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Provinsi Nusa Tenggara Timur. JKAP (Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik), 19(2), 105-113.
Pramudya,Ryan.2018.”Hubungan Persepsi Diri,Motivasi Berolahraga dengan Tingkat Aktivitas Fisik Pada Siswa SMA di Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang Jawa Tengah”.[Skripsi]..Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.Universitas PGRI Semarang.Semarang.
Pranata, A. Y. (2016). Survei Minat dan Motivasi Masyarakat Untuk Bersepeda Pada Pelaksanaan“JOGJA LAST FRIDAY RIDE”Di Kota Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Sutri.(2014).Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Kesegaran Jasmani Pada Remaja Puasa.[Naskah Publikasi]..Fakultas Ilmu Kesehatan. Program studi DIV FISIOTERAPI.Universitas Muhammadiyah Surakarta.Surakarta.
Siantoro, G. (2021). ANALISIS MOTIVASI MASYARAKAT BERSEPEDA DIMASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(4), 1-5.
Syam,Yulinar.(2017). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Kejadian Obesitas Pada AnakUsia Sekolah Di SD Negeri Mangkura 1 Makassar.[skripsi].Program Studi Ilmu Keperawatan.Fakultas Keperawatan.Universitas Hasanudin Makassar.Makassar.
Wahyunu,Dewi.(2017).”Tingkat Aktivitas Jasmani Harian Siswa Kelas Sekolah Dasar Se-Kelurahan Triharjo Pandak Banul”.[Skripsi].Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Penjas Jurusan Pendidikan Olahraga.Fakultas Ilmu Keolahragaan.Universitas Negeri Yogyakarta.Yogyakarta.
Qohhar, W. (2017). Dampak Bersepeda Ke Sekolah Terhadap Kebugaran Jasmani. Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga, 1(1), 43-49.
Refbacks
- There are currently no refbacks.