PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS DARING PADA PEMBELAJARANTEKNIK DASAR SERVIS BULUTANGKIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII SMANEGERI 1 JUWANA DI MASA PANDEMI

mohammad arif sahidinnur

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar yang kurang maksimal dikarenakan saat pembelajaran hanya berpusat pada guru, dimana guru hanya memberikan penjelasan materi dan sedikit peragaan, dan juga di masa pandemi saat ini. Sehingga siswa kurang tertarik dengan metode pengajarannya dan juga kurangnya penjelasan secara detail mengenai teknik-tekniknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar model pembelajaran project based learning dan model pembelajaran discovery learning teknik dasar servis bulutangkis pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Juwana. Jenis penelitian pendekatan kuantitatif, dalam bentuk metode quasi-eksperimental design dengan jenis nonequivalent group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Juwana, sedangkan sampelnya siswa kelas XII MIPA 5 dan XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Juwana. Siswa kelas XII MIPA 5 menggunakan model discovery learning dan kelas XII MIPA 6 menggunakan model project based learning. Analisis data menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test dengan bantuan software SPSS. Berdasarkan hasil analisis setelah medapatkan perlakuan menunjukan bahwa : 1). Kelas XII MIPA 6 yang diberikan model project based learning diperoleh nilai |Thitung|=|-18,342|>Ttabel (2,0555) dan nilai Sig. (0,000) < α (0.05) maka H0 ditolak HI diterima. 2). Kelas XII MIPA 5 yang diberikan model discovery learning diperoleh nilai |Thitung|=|-14,285|>Ttabel (2,05553) dan nilai Sig. (0,000) < α (0.05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. 3).  Kelas XII MIPA 6 model pembelajaran project based learning meningkatan 15,98%. 4). Kelas XII MIPA 5 model pembelajaran  discovery learning meningkatan 16,46%. Kesimpulan hasil analisis bahwa ada pengaruh model pembelajaran project based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar teknik dasar servis bulutangkis kelas XII SMA Negeri 1 Juwana. Di harapkan guru dapat mengaplikasikan model pembelajar project based learning dan discovery learning pada pembelajaran gerak lainnya.


Full Text:

PDF

References


Astuti, M. S. (2014). Peningkatan Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SDN Slungkep 03 Menggunakan Model Discovery Learning. jurnal, 4(3), 1–12.

Darsana, D. (2019). Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Penjaskes Kelas V Semester Satu Tahun Pelajaran 2018/2019 Di SD Negeri 22 Ampenan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 47. https://doi.org/10.36312/jime.v5i2.793

Fanani, R., & Pardijono. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Mandiri Berstruktur Terhadap Hasil Belajar Servis Panjang Bulutangkis ( Pada Siswa SMP Negeri I Sidayu ). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 02, 262–265.

Fatah, F. A., Mulyanto, R., & Nugraha, R. G. (2017). Pengaruh Latihan Dengan Posisi Net Berubah Terhadap Hasil Short Servis Backhand Dalam Bulutangkis. SpoRTIVE, 2(1), 31–40.

Iriana, G. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Lari melalui Penerapan Project Based Learning Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 1(2), 32–39. https://doi.org/10.17977/um027v1i22016p032

Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3087

Rohmansyah, N. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman. jurnal penjakora, 4(September).

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. ALFABETA.

Yani, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga, 2(9), 1689–1699.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.