Metode Problem Based Learning & Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Daring

Aprilia Sukma Fatima, Setiyawan Setiyawan, Utvi Hinda Zhannisa

Abstract


Rumusan masalah pada peneliti ini untuk mengetahui pengaruh hasil dan motivasi belajar melalui metode daring. Tujuan peneliti untuk mengetahui apakah media daring dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa dalam hal kongnitif dan pisikomotor siswa kelas XI Smk Widya Praja Ungaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Tow Grup Pre-test Post-test , sampel penelitian, siswa kelas XI SMK Widya Praja Ungaran mengunakan teknik Random Sampling. Dalam Pembelajaran Problem Based Learning rata-rata hasil belajar pretest sebesar 69,32 dan rata-rata hasil belajar postest sebesar 79,09 sehingga terjadi peningkatan hasil belajar sebanyak 14,10%, dan Project Based Learning rata-rata hasil belajar pretest 66,55 dan posttest 75,75,  hasil belajar meningkat sebesar 15,56%. Motivasi belajar dalam model Problem Based Learning rata-rata pretest sebesar 26,45 dan posttest sebesar 28,95 sehingga terjadi peningkatan 9,45% dan juga hasil motivasi belajar  Project Based Learning pretest sebanyak 26,95 dan posttest sebanyak 30,15 sehingga terjadi peningkatan 11,87%. Simpulan peneliti ini adalah media daring dapat meningkatakan hasil belajar dan motivasi siswa dalam belajar secara siginifikan, bagi guru penjas hasil penelitian ini dapat mengoptimalkan kemampuan guru dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui model-model pembelajaran yang tepat.


Full Text:

PDF

References


Dedy Ariyanto. (2012). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dan Motivasi Belajar

Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Kuliah Ilmu Kealaman Dasar. FIPIKIP PGRI

Jember

Dyah Yuli Sugiarti. (2010). Mengenal Home Schooling Sebagai Pendidikan Alternatif.

Yogyakarta: Diva Press

Fathurrohman Muhammad. (2017) Model-Model Pembelajaran Inovatif. Seleman: Jogjakarta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wena,Made. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Satuan Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.