Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Materi Atletik Lari Sprint 100 Meter Di SMP Negeri 1 Kedu Temanggung.

mufidatul fida umah

Abstract


Latar.belakang.dari.penelitian.ini.adalah.masih.banyak.siswa.yang.belum.mampu mencapai nilai yang sudah di tetapkan oleh guru. Kurangnya variasi model pembelajaran, kurang dalam kemampuan secara motorik, dan kognitif dalam pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa itu sendiri. Melihat permasalahan tersebut, maka perlu adanya pembelajaran yang efektif agar siswa termotivasi dalam belajar sehingga mampu memberikan hasil belajar yang baik dan maksimal dari hal tersebut peneliti ingin melihat pengaruh dari penerapan Model Problem Based Learning dan Project Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Pendekatan kuantitatif Adapun desain.yang.digunakan.dalam.penelitian.ini.adalah Two Group Pre-test dan Post-test Design. Populasi dari penelitian.ini.adalah.siswa.kelas.VIII.SMP.Negeri 1 Kedu Temanggung tahun 2020/2021. Sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik sample rondom sampling sehingga digapat 2 kelas secara acak. Dalam penelitian eksprimen Problem Based Learning dan Project Based Learning memiliki taraf signifikan 5% dan N=32 dan 30, sehingga untuk kelas eksperimen Problem Based Learning diperoleh nilai L hitung < L tabel yaitu 0,1496 < 0,1566 maka Ha untuk kelas eksperimen  Projec Based Learning diperoleh nilai 0,1615 < 0,1618 maka Ha diterima sehingga kelas ekperimen Problem Based Learning dan  kelas eksperimen Projec Based Learning berasal dari populasi yang berdisteribusi yang normal.Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa belajar materi lari sprint jarak 100 meter. Saran Bagi peneliti yang akan menerapkan model pembelajaran problem based learning dan project based leraning lebih baik memahami setiap tahapan yang terdapat dalam pembelajaran ini. Hal ini dilakukan agar setiap tahapan berjalan dengan baik sehingga dapat digunakan dengan efektif.

 

 

Kata.Kunci :Problem.Based.Learning dan Project.Based.Learning, Hasil.belajar


Full Text:

PDF

References


Achmad Rifa’i & Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang : Universitas Negeri Semarang Press.

Adang Suherman. 2000. Dasar-dasar Penjaskes. Semarang: Depdikbud

Aditiya. 2016. pengaruh motode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal SAP.2 (1) 165-174.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Babadu, J.S dan Zain,2011. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Firmansyah, H. 2009. Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 1 (6).

Gustiawati Dkk .2019. Pengembangan Pendekatan Evaluasi Thae Most Significant Change Technique dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal pendidikan jasmani dan olahraga. 2(18) 125-129.

Hamzah & Hadian. 2018. Pengaruh Penggunan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Passing Dalam Permainan Futsal. Jurnal Olahraga. 3(1) 1-7.

Hasan alwi, dkk, 2005. Kamus Besar Bahasa Indinesia. Jakarta : Departemen Pendidikan Balai Puastaka.

Huda. 2013. Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradikmatis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hugiono dan Poerwantana, 2000. Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: PT Bina Aksara.

Indrawan Dkk,2017.Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Keterampilan Bermain Sepak Bola (Eksperimen Pada Siswa Kelas Xi Smkn 2 Tasikmalaya Yang Aktif Dalam Ekstrkulikuler Sepak Bola).Jurnal Siliwangi.1(3) 179,189.

Khomsin. 2013. Atletik 1 . Semarang : UPT UNNES Pres.

Louis Gottschalk,2000. Mengerti Sejarah, Depok: Yayasan Penerbit Universitas Indonesia.

Maksum. 2009.“Penerapan Modifikasi Bola Plastik Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli (Studi pada Siswa Kelas X SMK PGRI 1 Jombang)”. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 3 (2) 787-791.

Muler, Harald. 2001. Pedoman Mengajar; Lari, Lompat, Lempar. Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi IAAF. Jakarta.

Mulyanto, Respaty. 2014. Belajar dan Pembelajaran Penjas. Bandung: UPI.

Nasution. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan. 1(11) 9-16.

Ramadhan dkk. 2017. Meningkatkan Rangkaian Gerak Lompat Tinggi Melalui Metode Jigsaw Dan Pembelajaran Yang Dikemas Dalam Bentuk Permainan. Jurnal S p o R T I V E , 1 (2) 61 70

Ramandhan, Agung,& Mahendra . 2018. Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. 1(5) 1-9.

Roji.2009.Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan jilid 2 kelas VIII SMP/MTS.Jakarta: Erlangga.

Rosdiani, Dini. 2013. Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Rosdiani. 2013. Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung : Alfabeta.

Satria & Muhamad . 2018. Perbandingan Metode Pembelajaran Active Learning dengan Metode Pembelajaran Ceramah Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pebcerahan. 2(7) 126-131.

Sidik.2013. Mengajar dan Melatih Atletik . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyono & Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Taniredja, Faridli & Harmianto. 2015. model-model pembelajaran inovatif dan efektif. Bandung : Alfabeta.

Vega. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Pendekatan Metode Teams Games Tournaments (TGT) pada Siswa Kelas V Sdn Kebraon I Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(3) 814,820

Winarno. 2009. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Bandung: Ganecsa Exacta.

Zikrurrohman. 2015. Atletik Dasar dan Lanjutan. Banda Aceh: Tidak diterbitkan

Zubaidah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Metode Estafet Storytelling Pada Materi Sistem Koordinasi. Skripsi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.